UMSurabaya Repository

PERKEMBANGAN BAHASA BATITA DI TAMAN ASUH ANAK SITI WALIDAH SURABAYA

Indarwati, Yuliana and Drs. Yarno, M.Pd and R. Panji Hermoyo, S.sos, M.Pd (2015) PERKEMBANGAN BAHASA BATITA DI TAMAN ASUH ANAK SITI WALIDAH SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (411kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan pada anak dapat dilihat dari berbagai hal, diantaranya perkembangan motorik, perkembangan sosial dan komunikasi, perkembangan kognitif, dan perkembangan bahasa. Dengan demikian tumbuh kembang pada anak perlu diperhatikan, karena pada dasarnya memiliki tumbuh kembang secara normal pada anak suatu dambaan bagi setiap orang tua. Sesuai dengan hal itu, peneliti mengambil rumusan masalah tentang tahap perkembangan bahasa batita. Karena sering kali daya tangkap orang tua berbeda dengan bunyi ujar ungkapan anak. Akibatnya keinginan anak sulit dipahami oleh orang tua sehingga keinginan anak tersebut kurang tercapai. Khususnya para ibu yang memiliki waktu bersama anaknya hanya sebentar lantaran sibuk bekerja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dasar. Bertempat di Taman Asuh Anak Siti Walidah Surabaya dengan tiga subjek penelitian. Teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan dua metode, yaitu metode simak dan metode introspeksi. Kemudian dalam teknik analisis data, peneliti menggunakan metode padan. Hasil penelitian ini, yaitu dari ketiga subjek penelitian di atas perkembangan bahasa yang memenuhi tahap-tahap perkembangan bahasa adalah dari perkembangan bahasa subjek ke-2 dan ke-3, karena penguasaan kosakata yang banyak dan pengucapannya yang jelas, meskipun ada beberapa konsonan yang terkadang tertukar pengucapannya, sedangkan subjek pertama kurang memenuhi tahap-tahap perkembangan bahasa apalagi yang usianya sudah 3 tahun. Fonem yang mengalami perubahan: “L” menjadi “Y”, “S” menjadi “C”, “R” menjadi “Y”, “K” menjadi “T”, “R” menjadi “L” Berkenaan dengan hasil penelitian, peneliti menyarankan pada subjek pertama untuk lebih menambah kosakata dan sering berlatih dalam pengucapannya. Subjek ke-2 ditingkatkan lagi dalam penguasaan kosakata dan pengucapannya, untuk tahap perkembangan bahasa usia 2,5tahun sudah cukup baik. Kemudian pada subjek ke-3 lebih teliti lagi dalam pengucapan fonem R dan L, untuk tahap perkembangan bahasa sudah sangat memenuhi. Peneliti juga menyarankan pada lembaga Taman Asuh Anak Siti Walidah Surabaya untuk menambah SDM yang lebih berkompeten dalam bidang pertumbuhan dan perkembangan anak. Sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak di taman asuh anak siti walidah bisa terpantau dengan baik serta ada penanganan khusus apabila ada keterlambatan atau yang lainnya. Kata Kunci: bahasa, batita, perkembangan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 21 Nov 2017 08:21
Last Modified: 21 Nov 2017 08:22
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1241

Actions (login required)

View Item View Item