UMSurabaya Repository

STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA LAKI-LAKI DENGAN SISWA PEREMPUAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW KELAS VIII SMP eLKISI MOJOKERTO

MARINDA R, DEWI and Drs.Wudjud Soepeno Dihardjo, M. Pd and Wahyuni Suryaningtyas, S.Si., M.Si. (2014) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA LAKI-LAKI DENGAN SISWA PEREMPUAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW KELAS VIII SMP eLKISI MOJOKERTO. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (525kB) | Preview
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (10B)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar matematika dan kemampuan matematika siswa laki-laki dan siswa perempuan yang tidak sama dalam penguasaan materi. Dengan metode pembelajaran JIGSAW dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan memahami konsep matematika. Kurang aktifnya peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP eLKISI Pungging Mojokerto dan mendiskripsikan perbedaan hasil belajar matematika antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW. Di dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan bentuk rancangan yang dipakai adalah Causal Comparative Studies. subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII dengan rincian 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan yang berasal dari kelas yang berbeda. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan statistik Uji-t pada a = 5 %. Jadi t hitung > t tab dengan probabilitas > 0,05 ini berarti bahwa Ha diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa laki-laki dan siswa perempuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperagtif tipe JIGSAW. Kata Kunci : Kooperatif, Tipe JIGSAW, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2017 06:12
Last Modified: 27 Nov 2017 06:12
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1498

Actions (login required)

View Item View Item