UMSurabaya Repository

Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran (Mapel) Aqidah Akhlak di SMA Luqman Al - Hakim Surabaya

Encho, Busyro (2016) Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran (Mapel) Aqidah Akhlak di SMA Luqman Al - Hakim Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (244kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 5)
Download (231kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)

Abstract

Belakangan ini sering terjadi kasus-kasus dan fenomena pada siswa, mulai dari kasus tawuran antar pelajar, penyalah gunaan narkoba,free seks hingga rendahnya hasil belajar. jelas hal ini merupakan raport merah terhadap perjalanan pendidikan di Indonesia, Salah satu faktornya adalah lemahnya kurikulum pendidikan dan teladan, khususnya pada bidang agama. Permasalahan yang sering muncul juga pada kalangan siswa yaitu hasil belajar, salah satu faktor penyebapnya adalah lemahnya kreatifitas dan fariasi guru dalam proses pembelajaran sehingga lemahnya minat siswa untuk mengikuti pembelajaran khususnya pada mata pelajaran agama islam salah satunya ialah mata pelajaran aqidah akhlak. Guru memiliki peranan yang sangat fital untuk meningkatkan hasil belajar yang optimal yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, mencerdaskan generasi bangsa dan membekali generasi bangsa dengan akhlak yang islamiyah. Pembelajaran yang monoton akan menimbulakan kejenuhan pada siswa sehingga pembelajaran tersebut menjadi tidak menarik dan membosankan. Guru dituntut untuk kreatif aktif, selalu update mencari solusi agar pembelajaran tersebut menajadi menarik dan menyenangkan bagi siswa. Hasil penelitian BAVA Di Amerika serikat Menegaskan bahwa bila seorang guru atau tenaga pendidik yang hanya menggunakan verbal symbol (ceramah murni), maka materi yang terserap hanya 13% dan itupun tidak akan bertahan lama sementara yang menggunakan multimedia bisa mencapai 64-84% dan bertahan lebih lama . Hal ini menunjukan bahwa penggunaan media sangatlah besar pengaruhnya dalam meningkatkan perhatian, motivasi, hasil belajar dan peningkatan kualitas pelajaran. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan cara : (1) Observasi, (2) Interview, (3) Kuesioner/Angket, dan (4) Dokumentasi.Untuk menguji hipotesis penulis menggunakan analisis data kuantitatif dengan rumus productmoment.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Media pembelajaran, aqidah akhlak, hasil belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 319 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2017 06:25
Last Modified: 25 Jul 2018 03:44
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1503

Actions (login required)

View Item View Item