UMSurabaya Repository

Pengaruh Pelaksanaan Progam Menghafal Al Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa : (Studi Kasus Di MA Sunan Giri Wonosari Tegal Semampir Surabaya)

Kamal, Mustafa (2016) Pengaruh Pelaksanaan Progam Menghafal Al Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa : (Studi Kasus Di MA Sunan Giri Wonosari Tegal Semampir Surabaya). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (208kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 5)
Download (148kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fakta bahwa Alquran adalah satu-satunya kitab suci yang dihafalkan oleh ribuan manusia dari seluruh dunia selama ini. Dari prasekolah hingga sekolah menengah atas), menghafal kegiatan Alquran sangat mendesak bagi pikiran siswa. Karena itu, orang tua dan pendidik harus memberi perhatian dan bimbingan yang tepat agar generasi muda menjadi generasi yang bermanfaat bagi agama. Permasalahan penelitian adalah: (1) bagaimana penerapan menghafal program Al Qur'an di Pondok Pesantren Sunan Giri Tahfidzul Qur'an Wonosari Tegal Semampirof Surabaya? (2) Bagaimana prestasi siswa dalam menghafal program Al Qur'an? Dan (3) bagaimana pengaruh pelaksanaan menghafal program Al Qur'an terhadap prestasi belajar siswa ?. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pelaksanaan program HUKUM yang menghafal di Pondok Pesantren Asahfidzul Qur'an Sunan Giri Wonosari Tegal Semampir di Surabaya. (2) Untuk mengetahui prestasi siswa. Dan (3) mengetahui pengaruh pelaksanaan program KB memorazing terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik analisis statistik untuk menganalisa data dan menarik kesimpulan. Data dikumpulkan dengan kuesioner, observasi, inteview, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa: (1) berdasarkan kuesioner pada siswa, ditemukan bahwa tidak ada hambatan dalam kegiatan menghafal, dimana di mana hasil skor rata-rata adalah 78,16. (2) hasil hasil belajar siswa di sekolah sangat baik, hal ini terlihat dari hasil rata-rata skor raport siswa yang mencapai 75,73. (3) Ada pengaruh positif dan signifikan antara menghafal Al-Qura'an dan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan sebesar 0,681 lebih besar dari r tabel, tingkat signifikansi 5% (0,514) dan 1% (0,641).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Menghafal Alquran, Prestasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 319 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2017 06:35
Last Modified: 25 Jul 2018 03:55
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1506

Actions (login required)

View Item View Item