UMSurabaya Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA

WATI, TARI FAJAR and Dra. Lis Holisin, M,Pd and Agus Solikin, S. Pd, M. S.I (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (607kB) | Preview
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar, aktifitas, respon peserta didik terhadap pembelajaran problem posing dengan modul. Sasaran dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII-C SMP Muhammadiyah 10 Surabaya. Jenis penelitan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam upaya memperbaiki kegiatan pembelajaran di kelas dengan memberikan suatu tindakan yang belum diberikan kepada peserta didik dan sengaja dimunculkan yang berlangsung selama 2 siklus. Metode pengumpulan data meliputi metode observasi, metode tes, dan metode angket. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa hasil belajar peserta didik yang diperoleh setelah pembelajaran problem posing dengan modul adalah tuntas dari rata-rata 74,2 meningkat menjadi 78,4. Sedangkan peserta didik yang tuntas belajar dari 56,5% meningkat menjadi 75%. Aktivitas peserta didik yang paling dominan adalah mendengarkan dan memperhatikan intruksi dari pendidik yaitu siklus I sebesar 19,84% dan siklus II sebesar 17,19%. Respon peserta didik setelah pembelajaran problem posing dengan modul adalah positif dengan persentase sebesar 84,58% dan respon negatif sebesar 15,42%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran problem posing dengan modul dapat digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran. Hal ini nampak dari peningkatan rata-rata, aktifitas dan respon peserta didik yang dilakukan pada siklus I dan siklus II Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem posing, Modul

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2017 06:50
Last Modified: 27 Nov 2017 06:50
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1507

Actions (login required)

View Item View Item