UMSurabaya Repository

Tipe Kepemimpinan Kyai di Pondok Pesantren (Studi Kasus Kepemimpinan Kyai dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Pondok Pesantren Rahmatan Lil’Alamin Tuban)

Sujalma, If (2016) Tipe Kepemimpinan Kyai di Pondok Pesantren (Studi Kasus Kepemimpinan Kyai dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Pondok Pesantren Rahmatan Lil’Alamin Tuban). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (234kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 5)
Download (188kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)

Abstract

Pondok Pesantren merupakan fenomena yang berkembang dalam dunia pendidikan Islam . Kepemimpinan Kyai dalam sebuah pesantren merupakan salah satu faktor terhadap keberhasilan pencapaian tujuan pesantren.Kepemimpinan Kyai yang umumnya di Pondok Pesantren , kadang kala tidak mampu mengimbangi kemajuan dan perkembangan Pesantren serta era globalisasi. Sudah menjadi common sense bahwa Pesantren sangat Identik dengan figur kepemimpian Kyai . Kyai merupakan faktor inti / figur sentral karena seluruh penyelenggaraan Pesantren terpusat padanya . Oleh karena itu tipe-tipe kepemimpinan Kyai sangat menentukan maju dan mundurnya sebuah pendidikan di Pondok Pesantren. Hal ini pula bersinggungan langsung dengan tuntutan dunia pendidikan terhadap penerapan profesionalisme Kepemimpinan Kyai . Berdasarkan pemikiran di atas maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian terkait dengan kepemimpinan Kyai dalam usaha mengembangkan pendidikan di Pondok Pesantren Rahmatan Lil’alamin Tuban. Penelitian ini membahas tentang kepemimpinan Kyai dalam usaha mengembangkan pendidikan didalam Pondok Pesantren , dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1.Bagaimana tipe kepemimpinan Kyai di Pondok Pesantren Rahmatan Lil’alamin Tuban ? 2.Bagaimana usaha Kyai didalam meningkatkan kualitas pendidikan di Pondok Pesantren Rahmatan Lil’alamin Tuban? . Penelitian tentang kepemimpinan Kyai dalam Usaha mengembangkan pendidikan Islam di Pondok Pesantren Rahmatan Lil’alamin Tuban ini menggunakan metode penelitian kualitatif. lokasi penelitian adalah di Pondok Pesantren Rahmatan Lil’alamin Tuban. Data-datanya diperoleh langsung dari Mudzir/Kyai, dan pihak-pihak lain yang berkompeten di Pondok Pesantren Rahmatan Lil’alamin Tuban tersebut serta data-data yang telah didokumentasikan berupa buku panduan. Prosedur pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi .Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Rahmatan Lil’alamin Tuban dalam menjalankan fungsinya sebagai unit penunjang pendidikan menggunakan tipe kepemimpinan demokrasi dan kolektif, hal itu terlihat pada program-program ma’had yang ada. Sedangkan usaha Kyai dalam mengembangkan pendidikan di Pondok Pesantren Rahmatan Lil’alamin Tuban adalah dengan memaksimalkan program pendidikan Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tipe, Kepemimpinan, Kiai, Pondok Pesantren
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 319 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2017 08:48
Last Modified: 25 Jul 2018 04:49
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1537

Actions (login required)

View Item View Item