UMSurabaya Repository

PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEAKTIFAN IBADAH SHOLAT SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA

Sholihah, Fasihatus and Isa Anshori , M,Ag (2015) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEAKTIFAN IBADAH SHOLAT SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (266kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari permasalahan ini adalah karena penulis melihat bahwa pada zaman sekarang ini, banyak siswa yang telah belajar materi pendidikan agama Islam tetapi di dalam diri mereka belum terbentuk kepribadian muslim. Di sekolah salah satu contoh kepribadian muslim itu tercermin dalam keaktifan mereka menjalankan ibadah sholat. Penelitian tentang Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Keaktifan Ibadah Sholat Siswa kelas XI dilakukan di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran kelas XI, untuk mengetahui keaktifan ibadah sholat siswa kelas XI, dan untuk mengetahui adakah pengaruh pendidikan agama Islam terhadap keaktifan ibadah sholat siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik-teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket dengan menggunakan metode random sampling. Subyek penelitian ini sebanyak 40 responden. Dari data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis. Penelitian menunjukkah bahwa: 1. Pelaksanaan proses pembelajaran pendidikan agama Islam kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya tahun pelajaran 2014/2015 mempunyai nilai rata-rata 26,75 yang berarti termasuk dalam kategori sedang. 2. Keaktifan ibadah sholat siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya tahun pelajaran 2014/2015 mempunyai nilai rata-rata 22,575 yang berarti termasuk dalam kategori sedang. 3. Hasil akhhir dari penelitian ini mengatakan bahwa ada pengaruh dan signifikan yang sedang antara pendidikan agama Islam terhadap keaktifan ibadah sholat siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para orang tua maupun guru, terutama dalam memberikan motivasi dan semangat kepada para siswa dalam meningkatkan belajarnya dan juga ibadah sholatnya. Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Pelaksanaan Proses Pembelajaran, Keaktifan Ibadah Sholat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 319 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2017 09:29
Last Modified: 27 Nov 2017 09:29
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1546

Actions (login required)

View Item View Item