UMSurabaya Repository

EVALUASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTS MIFTAHUL HUDA NGASEM BATEALIT JEPARA

Noviana , Rina (2015) EVALUASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTS MIFTAHUL HUDA NGASEM BATEALIT JEPARA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (147kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 5)
Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya guru yang menggunakan berbagai macam metode pembelajaran khususnya menggunakan pendekatan contextual teaching and learning. Guru terkadang kurang peka terhadap pembelajaran apa yang akan dipakai didalam kelasnya Untuk itu perumusan masalah yang diangkat dalam penelitian 1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran fiqih melalui pendekatan contextual teaching and learning di Mts Miftahul Huda Ngasem Batealit Jepara kelas VII. 2) bagaimana hasil evaluasi pembelajaran fiqih melalui contextual teaching and learning di Mts Miftahul Huda Ngasem Batealit Jepara. Penelitian ini dilakukan di Mts Miftahul Huda Ngasem Batealit Jepara penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) dengan menggunakan metode kualitatif, yang menjadi subyek di penelitian ini adalah guru mata pelajaran fiqih. Teknik dalam pengumpulan data pada penelitian ini penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi Hasil penelitian pertama menunjukan bahwa pembelajaran fiqih di Mts Miftahul Huda Ngasem Batealit Jepara dinilai sudah baik. Guru melaksanakan pembelajaran fiqih dengan tujuan mengarahkan siswa dalam memahami, mengenal, menghayati dan mengamalkan ajaran Islam yang mengarahkan supaya siswa taat dan bertaqwa kepada Allah swt melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, serta pengalaman siswa menjadi muslim yang selalu bertambah keimananya kepada Allah swt. Dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran fiqih tersebut, guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual. kedua hasil evaluasi pembelajaran fiqih melalui contextual teacing and lerarning di Mts Miftahul Huda Ngasem Batealit Jepara berjalan dengan baik. Penilaian dengan menggunakan ketujuh komponen dalam CTL yang meliputi: contructivism, inquiry, qestioning, modeling, community learning, reflection, authentic assesment telah terlaksana dengan baik, guru melakukan penilaian dengan memenuhi ketujuh unsur/komponen tersebut. Hasil penelitian ini bisa dijadikan bahan rujukan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Kata kunci contextual teaching and learning dalam pembelajaran fiqih.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 319 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2017 05:53
Last Modified: 28 Nov 2017 05:53
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1605

Actions (login required)

View Item View Item