UMSurabaya Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII MTs AL IHSAN KRIAN SIDOARJO PADA MATERI POKOK SEGITIGA

Yuniarti, Rani and Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. and Shoffan Shoffa, S.Pd, M.Pd (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII MTs AL IHSAN KRIAN SIDOARJO PADA MATERI POKOK SEGITIGA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (509kB) | Preview
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa masih dianggap sebagai objek belajar yang tidak memiliki kemampuan dan potensi dan guru masih belum menggunakan model pembelajaran yang menarik sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa MTs AL-Ihsan Krian dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, aktivitas belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, serta respon siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes, observasi dan angket. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA MTs Al Ihsan Krian Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data hasil penelitian menggambarkan bahwa terjadi peningkatan nilai ratarata matematika pada siswa kelas VIIA MTs Al Ihsan Krian Sidoarjo dari 70,65 dengan presentase 38,63% menjadi 72,3 dengan presentase 75% pada siklus I dan 78 dengan presentase 86,36% pada siklus II. Terjadi peningkatan aktivitas siswa dimana pada siklus 1 siswa cukup baik menjadi baik pada siklus II dan siswa yang aktif 23,9% menjadi 63,63% pada siklus II. Hasil angket menunjukkan bahwa siswa cenderung merespon ya terhadap penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW. Hal ini menunjukkan bahwa siswa senang terhadap proses pembelajaran menggunakan model ini. Kata kunci : kooperatif, tipe JIGSAW, hasil belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2017 08:04
Last Modified: 19 Mar 2018 12:23
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1614

Actions (login required)

View Item View Item