UMSurabaya Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF PADA MATERI KELILING DAN LUAS TRAPESIUM TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 7 SMP AL-ISLAH GUNUNG ANYAR SURABAYA

Dia Susanti, Nurul and Drs. Wudjud Soepeno Dihardjo, M. Pd and Wahyuni Suryaningtyas, S.Si., M.Si. (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF PADA MATERI KELILING DAN LUAS TRAPESIUM TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 7 SMP AL-ISLAH GUNUNG ANYAR SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB 1)
Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB 2)
Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB 3)
Download (329kB) | Preview
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] PDF (BAB 6)
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran aktif, Pembelajaran kreatif, Prestasi Belajar Suatu model yang mengarah ke dalam pengembangan sikap mental dan emosi siswa adalah model Pembelajaran Aktif dan Kreatif. Model pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan mutu pembelajaran. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran aktif dan pembelajaran kreatif terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi keliling dan luas trapesium di kelas VII C SMP AL-ISLAH Gunung Anyar Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional, metode kuantitatif dipilih untuk mendeskripsikan pembelajaran aktif dan pembelajaran kreatif, sedangkan pendekatan korelasional ditujukan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran aktif dan pembelajaran kreatif siswa dengan prestasi belajar matematika. Dari hasil penelitian diolah dengan uji statistik yang digunakan adalah korelasi dan regresi linier ganda. yang dapat ditunjukkan dengan uji t dan uji F dengan taraf signifikan 5%. Dengan hasi uji t sebagai berikut: t hitung > t tabel, dimana 2,940 > 2,028, dan 2,579 > 2,028, dan hasil uji F sebagai berikut: F hitung > F tabel, dimana 5,793 > 3,26. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pembelajaran aktif dan pembelajaran kreatif bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa pada materi keliling dan luas trapesium di kelas VIIC SMP AL-ISLAH Gunung Anyar Surabaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2017 09:14
Last Modified: 28 Nov 2017 09:14
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1628

Actions (login required)

View Item View Item