Bintoro, Dwi Putro (2017) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SD Muhammadiyah 11 Surabaya Melalui Metode Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (419kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (39kB) | Preview |
|
PDF (Bab 2)
Download (91kB) |
||
|
PDF (Bab 3)
Download (149kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (149kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (16kB) |
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III masih megunakan metode ceramah dimana proses pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif. Berdasarkan pengamatan dan wawancara dengan guru kelas III, menunjukkan bahwa kemampuan dalam membaca pemahaman masih rendah. Terbukti dengan rendahnya nilai yang diperoleh peneliti dari guru kelas III. Siswa belum mampu memahami isi bacaan, menentukan tema bacaan, dan memperoleh informasi dari teks yang telah dibaca. Ketika diberi pertanyaan mengenai isi bacaan, tidak dapat menjawab dengan cepat dan harus membuka kembali bahan bacaan. Permasalahan yang paling utama untuk segera di atasi adalah permasalahan rendahnya kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas II, . terdapat 12 dari 30 siswa mendapatkan skor dibawah KKM yang ditetapkan SD Muhammadiyah 11 Surabaya sebesar 75. Tujuan penelitian : 1. Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran; 2. Mendeskripsikan peningkatan kemampuaan; dan 3. Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Metode penelitian : jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), teknik pengumpulan data : tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi, teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif maupun kualitatif. Simpulan : 1. Peningkatan dalam hal produk dapat dilihat dari perbandingan nilai rata- rata tes membaca pemahaman siklus 1 dengan siklus 2. Nilai rata-rata tes membaca pemahaman siklus 1 sebesar 71,2, nilai rata-rata siklus 2 (dua) sebesar 82,5. Terjadi peningkatan sebesar 11,3; 2. Peningkatan kemampuan dapat dilihat pada keberhasilan proses dan produk; 3. Positif dan signifikan, hasil analisis SWOT peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan metode CIRC terdiri dari Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca Pemahaman, CIRC Metode |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 24 Feb 2018 08:56 |
Last Modified: | 23 Jul 2018 03:40 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2102 |
Actions (login required)
View Item |