UMSurabaya Repository

Ragam Bahasa Iklan Rokok di Harian Koran Jawa Pos, Surya, Radar Surabaya dan Sindo Yang Terbit di Surabaya

Herdianto, Okta Eka (2017) Ragam Bahasa Iklan Rokok di Harian Koran Jawa Pos, Surya, Radar Surabaya dan Sindo Yang Terbit di Surabaya. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (99kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (837kB)

Abstract

Sebagai bentuk wacana, bahasa iklan memiliki ciri dan karakter tertentu. Dalam iklan, penggunaan bahasa menjadi salah satu aspek penting bagi keberhasilan iklan. Oleh karena itu bahasa iklan harus mampu menjadi manifestasi atau presentasi dari hal yang diinginkan pihak pengiklan kepada masyarakat luas. Tujuannya ialah untuk mempengaruhi masyarakat agar tertarik dengan sesuatu yang diiklankan. Bahasa persuasif atau ajakan merupakan karakter dari bahasa iklan. Dilatar belakangi hal itulah yang menggugah penulis menyusun penelitian dengan judul Ragam Bahasa Iklan Rokok di Harian Koran yang Terbit di Surabaya. Fokus penelitian : 1. Ragam bahasa yang menunjukkan sebagai fenomena sosial yang menggambarkan bahasa laki-laki; dan 2. Faktor-faktor yang menentukan terjadinya ragam bahasa dalam iklan produk rokok di koran yang terbit di Surabaya. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan sosiolinguistik, dipusatkan pada model etnografi komunikasi dengan menggunakan data kualitatif. Teknik pengumpulan data : dokumentasi, mengamati, dan mencatat penggunaan bahasa iklan koran Jawa Pos, Surya, Radar Surabaya, dan Sindo dengan: 1. Memfokuskan pada pemecahan masalah; 2. Mengumpulkan bahan yang berhubungan dan mendukung; dan 3. Data yang terkumpul, disusun dan diolah, diambil bagian-bagian yang dianggap penting untuk mendukung keobjektifan penelitian ini. Simpulan : 1. Iklan produk rokok di koran yang terbit di Surabaya terbukti adanya perbedaan bahasa laki-laki dan perempuan. Bahasa iklan produk rokok di koran muncul karena alasan jenis kelamin. Karena konsumen pada umunya kaum laki-laki, maka art director dan copywriter memilih bahasa-bahasa yang menunjukkan karakter laki-laki. Di samping itu, karena disajikan dalam situasi tidak resmi, maka ragam bahasa yang di gunakan menunjukkan kesantaian dan keakraban terhadap pembaca, serta ragam bahasa laki-laki karena muncul sifat laki-laki, seperti jantan, perkasa, sportif, percaya diri, tanggung jawab, tangguh, mandiri pantang menyerah, agresif, setia kawan, dan 2. Adapun faktor yang memengaruhi adalah situasi tutur, peserta tutur, dan tujuan tindak tutur. Saran : 1. Bagi pengajar, hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai tambahan referensi, baik pendidikan menengah maupun pendidikan tinggi berkenaan materi iklan dan bahasa persuasif; 2. Bagi insan periklanan, hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai referensi pengembangan strategi persuasif, yakni referensi dalam menciptakan iklan-iklan yang lebih komunikatif mempersuasi pembaca koran sesuai dengan sasaran produk atau jasa yang dibuat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Ragam, Iklan Rokok, Koran Surabaya
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
L Education > L Education (General)
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 25 Feb 2018 03:17
Last Modified: 23 Jul 2018 03:49
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2109

Actions (login required)

View Item View Item