UMSurabaya Repository

Pengaruh Pembelajaran Mastery Learning, Gaya Belajar, dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SDN Petemon IX/357 Surabaya

Qonik, Qonik (2017) Pengaruh Pembelajaran Mastery Learning, Gaya Belajar, dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SDN Petemon IX/357 Surabaya. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (160kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (424kB)

Abstract

Faktor yang menjadi alasan utama bagi penulis untuk melakukan penelitian ini adalah rendahnya pemenuhan kriteria KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VI SDN Petemon IX/357 Surabaya yang dalam Ujian Akhir Semester, sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh baik secara parsial maupun simultan dari variabel pembelajaran mastery learning, gaya belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SDN Petemon IX/357 Surabaya. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan dari variabel pembelajaran mastery learning, gaya belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SDN Petemon IX/357 Surabaya, sehingga peneitian ini diharapkan mampu memberi manfaat kepada para guru, siswa, sekolah, juga para peneliti lainnya. Variabel dalam penelitian in terdiri dari tiga variabel bebas yaitu Mastery Learning (X1), Gaya Belajar (X2), Minat Belajar (X3), serta satu variabel terikat yaitu Prestasi Belajar (Y). Responden dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas VI SDN Petemon IX/357 Surabaya yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif, yang menjelaskan pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikan, dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode survey, yaitu metode pengumpulan data primer yang diperoleh secara langsung dari sumber asli. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang meliputi pengujian instrumen penelitian dengan uji validitas dan uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, serta pengujian hipotesis untuk membuktikan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Dari hasil penelitian didapati bahwa ada pengaruh Pembelajaran Mastery Learning, gaya belajar, dan Minat Belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia, baik secara parsial maupun secara simultan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil Nilai thitung masing masing variabel bebas lebih besar dari ttabel, serta nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Mastery Learning, Gaya dan Minat Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 25 Feb 2018 03:24
Last Modified: 23 Jul 2018 04:44
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2110

Actions (login required)

View Item View Item