Sujiatun, Sujiatun (2017) Peningkatan Keterampilan Membaca dan Menulis Awal Melalui Media Gambar Siswa Kelas I. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (467kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (105kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (267kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (287kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (683kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (91kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (391kB) |
Abstract
Pengamatan awal diperoleh data dari guru kelas I, sebanyak 24 siswa, 18 siswa (75%) belum mencapai hasil sesuai KKM, peneliti berkeinginan memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran siswa kelas I melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini, peneliti ingin menyampaikan salah satu alternatif tindakan dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan dengan media gambar. Media gambar merupakan salah satu strategi dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan media gambar ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan bagi siswa. Rumusan masalah : 1. Bagaimana penerapan media gambar pembelajaran membaca dan menulis permulaan?, 2. Bagaimana peningkatan kemampuan pembelajaran membaca dan menulis permulaan menggunakan media gambar?, 3. Bagaimana respon siswa?, 4. Bagaimana kelebihan dan kekurangan penerapan media gambar?. Jenis penelitian ini terdiri dari penelitian kuantitatif dan kualitatif, dengan pendekatan penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Teknik pengumpulan data : Observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data : Teknik kuantitatif, dan Teknik kualitatif Simpulan : 1. Siswa sesering mungkin dikenalkan huruf-huruf yang belum hafal, juga perlu memberikan contoh gambar-gambar benda yang berada dilingkugan anak dan kata yang dipakai, serta meningkatkan frekuensi membaca. Untuk kemampuan menulis dapat dikembangkan dengan banyaknya latihan menulis yang dilakukan anak, sehingga tangan semakin terampil juga membantu pikiran menyimpan bentuk huruf yang benar, 2. Terjadi peningkatan sebanyak 5 siswa (20,5%) sudah mencapai KKM, siklus I sebanyak 16 siswa (67%) meningkat menjadi sebanyak 21 siswa (87,5%) pada siklus II. Terjadi penurunan sebanyak 5 siswa (20,5%) belum mencapai KKM, siklus I sebanyak 8 siswa (33%) menurun menjadi sebanyak 3 siswa (12,5%) pada siklus II, 3. Respon siswa dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis awal siswa. Siswa sangat menyenangi pembelajaran membaca dan menulis awal, tidak mendapat kesulitan, tidak malu bertanya, bersemangat, dan sangat senang, 4. Kelebihan dan kekurangan : siswa menyenangi, tidak mengalami kesulitan; menyenangi penggunaan media gambar; dan bersemangat. Kekurangan : kadang susah di atur dan bercanda dengan teman; kurang berminat, sering mengeluh; bosan; masih susah, tidak hafal, dan asal menulis, serta malu bercerita. Saran : perlu penelitian lebih lanjut dengan mengambil subjek yang lebih besar, dan materi atau pokok bahasan yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Membaca dan Menulis, Media Gambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 25 Feb 2018 04:01 |
Last Modified: | 23 Jul 2018 05:32 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2116 |
Actions (login required)
View Item |