Rahayu, Sri and Drs. Misrin Hariyadi, SE, M.Ak and Dra. Anna Marina, , Ak. M.Si (2006) PERANAN SISTEM INFORMASI AKLUNTANSI PENJUALAN KREDIT UNTUK MENINGKATKAN PENGENDALIAN INTERN PIUTANG GUNA MENGURANGI RESIKO LAPPING PADA CV. GANECA EXACT SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (PENDAHULUAN)
Download (167kB) | Preview |
|
|
PDF (BAB 1)
Download (88kB) | Preview |
|
|
PDF (BAB 2)
Download (247kB) | Preview |
|
|
PDF (BAB 3)
Download (77kB) | Preview |
|
PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only Download (431kB) |
||
PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only Download (82kB) |
Abstract
Secara umum tujuan utama perusahaan adalah memperoleh laba yang memuaskan. Untuk mencapai hal tersebut, perusahaan harus bekerja secara efektif dan efisien. Salah satu bentuk operasi perusahaan adalah penjualan, baik secara tunai maupun kredit. Sebagai aktiva lancar, piutang usaha memerlukan pengawasan dan pengelolaan yang baik. Hal ini dikarenakan piutang usaha merupakan aktiva dengan tingkat likuiditas yang cukup tinggi. Untuk mengelola piutang tersebut perusahaan memerlukan sistem informasi akuntansi penjualan yang sesuai agar dapat memberikan informasi kepada perusahaan khususnya dalam penjualan kredit. Fungsi pengendalian intern yang utama dalam pengolahan pesanan penjualan,pembebanan atau pembuatan faktur dan sistem piutang adalah untuk meyakinkan bahwa semua penjualan barang hasil selesai telah dicatat secara tepat, untuk mencegah kerugian barang dan untuk membantu penagihan piutang. Dalam rangka mencegah terjadinya Lapping maka dibutuhkan pemisahan tugas. Lapping bisa timbul dari beberapa organisasi, karena Lapping dilakukan bila ada kesempatan apa lagi bila pekerjaan dilakukan oleh bagian yang sama dalam perusahaan dan tidak ada pengawasan. Penelitian ini dilakukan pada CV. Ganeca Exact Surabaya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peranan sistem informasi akuntansi penjualan untuk meningkatkan pengendalian intern piutang guna mengurangi resiko Lapping pada CV. Ganeca Exact Surabaya. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan data dan dianalisis untuk mengetahui sistem informasi akuntansi penjualan yang baik untuk meningkatkan pengendalian intern piutang agar tidak terjadi Lapping. Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa belum adanya bagian piutang dan perusahaan tidak menggunakan komite audit sebagai pengawas untuk pengendalian intern perusahaan. Dalam prosedur penerimaan kasnya dalam penyetorannya dilakukan 2 x 24 jam dan daftar peminjaman kuitansinya belum berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dari hasil penelitian diajukan saran, sebaiknya dibentuk bagian piutang yang bertugas mencatat setiap pembayaran dari penjualan kredit dan segera dibentuk komite audit yang independen untuk menciptakan pengawasan dan pengendalian yang memadai. Perlu dilakukan perbaikan prosedur dari penyetoran 2 x 24 jam menjadi setor setiap hari dan daftar peminjaman kuitansi juga dikembalikan setiap hari agar tidak terjadi kecurangan yang dilakukan oleh bagian penjualan. Kata kunci : Sistem Informasi Akuntansi Penjualan, Pengendalian Intern dan Lapping
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | 02. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | b b putri |
Date Deposited: | 07 May 2018 03:59 |
Last Modified: | 07 May 2018 03:59 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2339 |
Actions (login required)
View Item |