UMSurabaya Repository

Keefektifan Penerapan Teknik Probing Prompting dalam Pemahaman Siswa Pada Materi Pelajaran PAI di SMAIT Al-Azhar Brondong Lamongan

Nuraidah, Nuraidah (2018) Keefektifan Penerapan Teknik Probing Prompting dalam Pemahaman Siswa Pada Materi Pelajaran PAI di SMAIT Al-Azhar Brondong Lamongan. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (259kB)
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (87kB)

Abstract

Unsur yang sangat penting dalam pembelajaran adalah pemahaman. Karena pemahaman adalah bersifat abstraksi maka dapat diketahui dari salah satunya yakini dengan menggunakan tanya jawab. Dengan bertanya dapat diketahui seberapa besar pemahaman siswa terhadap pelajaran. Dalam penelitian ini ada beberapa rumusan masalah yang ingin dijawab. Yakni meliputi: (1) Bagaimana penerapan teknik probing prompting dalam mata pelajaran PAI di SMAIT Al-Azhar Brondong Lamongan. (2) Bagaimana nilai pemahaman siswa dalam materi pelajaran PAI di SMAIT Al-Azhar Brondong Lamongan. (3) Bagaimana keefektifan penerapan teknik probing prompting dalam pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di SMAIT Al-Azhar Brondong Lamongan. Jenis penelitian dalam tesis ini adalah penelitian kuantitatif, sehingga hasil yang diperoleh adalah berupa angka dari hasil perhitungan. Penerapan teknik probing prompting menggunakan rumus mean yang diperoleh melalui hasil observasi kemampuan guru. Sedang untuk keefektifan penerapan teknik probing prompting dalam mata pelajaran PAI di SMAIT Al-Azhar Brondong Lamongan. Peneliti menggunakan teknik analisa data uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik prompting efektif dalam pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di SMAIT Al-Azhar Brondong Lamongan. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil analisis data statistik dengan perhitungan uji t dengan hasil thitung = 4,651 > ttabel : 2.00 maka HO yang menyatakan bahwa pemahaman siswa dengan tidak menggunakan teknik probing prompting = pemahaman siswa dengan menggunakan teknik probing prompting ditolak. Dan Ha yang menyatakan bahwa pemahaman siswa dengan menggunakan teknik prompting ≠ pemahaman siswa dengan tidak menggunakan teknik probing prompting diterima. Artinya penerapan teknik probing prompting dapat meningkatkan pada pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di SMAIT Al-Azhar Brondong Lamongan. Ini berarti teknik probing prompting dinyatakan efektif diterapkan di SMAIT Al-Azhar Brondong Lamongan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Probing Prompting, Pemahaman dan Efektifitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
Depositing User: Users 840 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2018 10:40
Last Modified: 20 Aug 2018 01:51
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2393

Actions (login required)

View Item View Item