UMSurabaya Repository

Perbedaan Pengaruh Stimulus Alat Permainan Puzzle dan Lego Terhadap Kecerdasan Visual-Spasial Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Jaten Karanganyar

Andriyani, Desy Ayu (2018) Perbedaan Pengaruh Stimulus Alat Permainan Puzzle dan Lego Terhadap Kecerdasan Visual-Spasial Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Jaten Karanganyar. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (114kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab 6)
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Kecerdasan visual-spasial merupakan faktor penting anak usia 4-5 tahun dan menjadi faktor utama menunjang kecerdasan lainnya. Di Jawa Tengah prevalensi kecerdasan visual-spasial mencapai 24,5% mengalami keterlambatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh stimulus alat permainan puzzle dan lego terhadap kecerdasan visual-spasial anak usia 4-5 tahun di TK Jaten Karanganyar. Desain yang digunakan adalah quasi eksperimenone group pretest-posttest design. Populasinya adalah semua anak usia 4-5 tahun sebanyak 80 anak. Jumlah sampel 80 anak dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian kecerdasan visual-spasial. Uji statistik dengan Wicoxon signed ranks test untuk mengetahui kecerdasan visual-spasial anak sebelum dan sesudah pemberian stimulus alat permainan puzzle dan lego, uji Mann Whitneyuntuk mengetahui perbedaan permainan puzzle dan legoterhadap kecerdasan visual-spasial anak.Hasil penelitian didapatkan bahwa kecerdasan visual spasial anak uji Wilcoxon signed ranks test pada permainan puzzle45% mulai berkembang (p = 0,196 > α = 0,05) tidak ada pengaruh signifikan terhadap kecerdasan visual-spasial, pada permainan lego45% berkembang (p = 0,001 < α = 0,05) ada pengaruh terhadap kecerdasan visual-spasial. Uji Mann whitney permainan puzzle didapatkan p = 0,388 > α = 0,05 dan permainan lego p = 0,005 < α = 0,05 artinya ada perbedaan stimulus alat permainan puzzle dan permainan lego. Ada pengaruh signifikan permainan legomeningkatkan visual-spasial anak usia 4-5 tahun di bandingkan permainan puzzle. Sehingga dapat diaplikasikan di TK sebagai upaya mengontrol dan meningkatkan visual-spasial anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: : puzzle, lego, kecerdasan visual-spasial
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 04. Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Users 840 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2018 10:21
Last Modified: 16 Jun 2020 11:10
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2443

Actions (login required)

View Item View Item