Zaman, Aldi Thomi Badruz (2018) Penerapan Metode Simulasi Sebagai Upaya untuk Peningkatan Prestasi Siswa dalam Bemain Peran pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII MTs Nurus Shobah Tambaksari Rubaru Sumenep Tahun Pelajaran 2017-2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (811kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (243kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (172kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (119kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (174kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (26kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (880kB) |
Abstract
Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang terdiri atas komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi empat aspek keterampilan. Keempat aspek keterampilan itu adalah mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Keempat aspek itu saling terkait dan saling melengkapi, sehingga setiap satuan pendidikan keempat aspek ini dikembangkan oleh guru ketika melaksanakan proses pembelajaran secara terpadu. Rumusan masalah yang akan menjadi pembahasan sebagai berikut: (1).Bagaimana penerapan metode simulasi sebagai upaya untuk Peningkatan prestasi siswa dalam bermain peran pada pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VIII MTs Nurus Shobah Tambaksari Rubaru Sumenep Tahun Pelajaran 2017/2018 ?, (2).Bagaimana perkembangan kemampuan siswa dalam bermain peran pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VIII MTs Nurus Shobah Tambaksari Rubaru Sumenep Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah diterapkannya metode simulasi ?. sedangkan tujuan penelitiannya adalah: (1). Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode simulasi sebagai upaya untuk Peningkatan prestasi siswa dalam bermain peran pada pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VIII MTs Nurus Shobah Tambaksari Rubaru Sumenep Tahun Pelajaran 2017/2018., (2). Untuk mengetahui bagaimana perkembangan kemampuan siswa dalam bermain peran pada pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VIII MTs Nurus Shobah Tambaksari Rubaru Sumenep Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah diterapkannya metode simulasi Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas VIII MTs Nurus Shobah Tambaksari Rubaru Sumenep dengan tiga siklus. Masing-masing siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi data-data. Data terkumpul diolah secara kuantitatif. Dari hasil penelitian ini penulis dapat menyimpulkan bahwa Metode pembelajaran simulasi yang diterapkan oleh guru dalam mengajar dapat memberikan hasil positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia khusunya dalam bermain peran siswa di Kelas VIII MTs Nurus Shobah Desa Tambaksari Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep Tahun Pelajaran 2017/2018 yang ditandai dengan ketuntasan hasil belajar siswa dalam setiap siklus. siklus I (36%), siklus II (65%) siklus III (95%), adalah termasuk kategori "Tuntas".
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Simulasi, Prestasi Siswa, Bermain Peran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 21 Sep 2018 02:45 |
Last Modified: | 21 Sep 2018 02:45 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2461 |
Actions (login required)
View Item |