UMSurabaya Repository

PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ERA MEDIA SOSIAL DAN BUDAYA POP

Achmad , Hidayatullah (2018) PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ERA MEDIA SOSIAL DAN BUDAYA POP. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1). pp. 1-12. ISSN 2621-6078

[img]
Preview
PDF (Artikel) - Published Version
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (cek plagiasi)
Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (peer review )
Download (706kB) | Preview

Abstract

Memang matematika sampai saat ini masih tetap menjadi materi sulit bagi sebagian siswa. Matematika dalam pembelajaran masih memiliki jurang pemisah dalam kehidupan masyarakat. Berbagai strategi pembelajaran digunakan untuk membantu mempermudah pemahaman matematika. Budaya Pop yang ada dan digandrungi oleh siswa, bisa menjadi potensi yang bagus guna membuat matematika lebih indah dan asyik untuk dipelajari. Selain itu banyak penemuan baru di era digital mulai dari aplikasi rumus, aplikasi semacam geogebra, mathlab, matchad, photomath, dll. Bagaimana pembelajaran matematika berkembang sampai saat ini. Perkembangan teknologi informasi yang pesat juga merubah pola hidup masyarakat, hubungan kerja hingga menginfiltrasi terhadap pendidikan bahkan sampai pembelajaran. Terlebih munculnya media sosial (whatsapp, twitter, facebook, line, youtube, dll) yang bergandengan dengan budaya pop akan memberikan lompatan jauh dalam evolusi pembelajaran matematika. Tentu dulu bagi guru belum terpikirkan bagaimana menggandeng budaya pop untuk pembelajaran. Karena keduanya merupakan hasil dari kebudayaan berbeda. Tentu tulisan ini akan menguraikan bagaimana hubungan media sosial, budaya pop dan pembelajaran matematika

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Media Sosial dan Pop Culture
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: ACHMAD HIDAYATULLAH HIDAYATULLAH
Date Deposited: 16 Jan 2019 07:21
Last Modified: 17 Jan 2019 01:58
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2937

Actions (login required)

View Item View Item