UMSurabaya Repository

Pembelajaran Seni Tari sebagai Media Mengembangkan Kecerdasan Sosial, emosional, dan Kognitif pada Anak Usia Dini

kurniawati, tri (2018) Pembelajaran Seni Tari sebagai Media Mengembangkan Kecerdasan Sosial, emosional, dan Kognitif pada Anak Usia Dini. Proseding Seminar Nasional PG PAUD Universitas Ahmad Dahlan, 1 (1). pp. 186-192. ISSN 2655-6189

[img]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (529kB) | Preview

Abstract

Seni tari merupakan salah satu bidang seni yang secara langsung menggunakan tubuh manusia sebagai media, yang merupakan nilai keindahan dan nilai keluhuran, lewat gerak dan sikap tubuh dengan penghayatan seni. Seni tari dapat mengembangkan kecerdasan sosial, emosional, dan kognitif. Kecerdasan sosial dapat berkembang melalui pembelajaran seni tari dengan berkelompok yang mengajarkan interaksi sosial. Pemahaman interaksi sosial dapat dimaknai sebagai menjalin hubungan antar teman. Kecerdasan emosional akan berkembang ketika penari mengungkapkan isi tarian seperti isi tari yang bersifat gembira maka semuanya mengungkapkan dengan senyuman. Selanjutnya Aspek kognitif juga dapat dipelajari dalam seni tari yang tentunya menggunakan akal dalam menghafalkan gerakan

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prosiding > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: TRI KURNIAWATI KURNIAWATI
Date Deposited: 01 Feb 2019 04:32
Last Modified: 27 Mar 2019 08:09
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2989

Actions (login required)

View Item View Item