UMSurabaya Repository

DESKRIPSI PENGAJARAN AL-QURAN DENGAN QIROATI ANAK USIA DINI RA SUNAN AMPEL II TROSOBO TAMAN

Maiyah, Deli Tri (2017) DESKRIPSI PENGAJARAN AL-QURAN DENGAN QIROATI ANAK USIA DINI RA SUNAN AMPEL II TROSOBO TAMAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (335kB) | Preview
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

TK Muslimat Sunan Ampel II Trosobo adalah salah satu sekolah yang banyak diminati masyarakat karena pembelajaran membaca al-qurannya. Dalam pembelajaran membaca al-quran, TK itu menggunakan metode qiroati yaitu suatu cara pengajaran membaca al-quran yang mempertahankan mutu pengajaran dan berorientasi pada hasil bacaan anak secara tartil dan sesuai kaidah ilmu tajwid. Pengajaran qiroati harus sesuai dengan metodologi setiap jilidnya yaitu meliputi materi utama dan materi tambahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah cara pengajaran qiroati dan kemampuan anak dalam membaca al-quran serta faktor yang mempengaruhi dalam pembelajaran qiroati. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara pengajaran qiroati dan mengetahui kemampuan anak usia dini dalam membaca al-quran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif karena datanya berupa kata kata yang kemudian dikembangkan lagi secara deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, catatan lapangan dan mereduksi data. Subjek data dalam penelitian ini adalah RA Sunan Ampel II Trosobo, dan objek penelitiannya adalah anak kelompok B. Dari hasil penelitian, penerapan metode qiroati dilaksanakan sesuai dengan pengajaran setiap jilidnya, kemampuan membaca anak sebagian besar sudah sesuai dengan target setiap jilidnya, sehingga ketika berada pada jilid tinggi anak sudah bisa membaca dengan lancar dan tartil.Hambatan yang dialami ketika pembelajaran yaitu kurangnya jam belajar, kondisi kelas yang masih ada kelas campuran dari beberapa jilid. Faktor yang mempengarui kemampuan membaca anak adalah konsentrasi ketika membaca peraga setiap jilidnya, dan kebiasaan mengulang lagi membaca di rumah. Kata kunci : Metode qiroati, kemampuan membaca al-quran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 05 Apr 2019 05:32
Last Modified: 05 Apr 2019 05:32
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3158

Actions (login required)

View Item View Item