UMSurabaya Repository

PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD.ANGKASA KECAMATAN BULAK KOTA SURABAYA

Sussiaminingsih, Sussiaminingsih and Gita Marini, S.Kep., Ns., M.Kes and Fatin Lailatul B, S Kep., Ns., M Kep (2016) PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD.ANGKASA KECAMATAN BULAK KOTA SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (309kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (149kB)

Abstract

Rendahnya konsentrasi belajar pada siswa yang baru saja memasuki usia sekolah dapat dipengaruhi oleh usia anak yang berada pada tahap peralihan dari usia pre-school ke usia school, anak belum sepenuhnya mampu mengikuti perubahan yang terjadi pada rutinitas dan pembelajaran di sekolah. Kondisi ini dapat menyebabkan otot-otot syaraf mengalami ketegangan dan kondisi otak mengalami kekurangan energi sehingga asupan oksigen dan aliran darah menuju ke otak tidak optimal. dan dapat menyebabkan penurunan konsentrasi belajar pada siswa, sehingga diperlukan adanya upaya untuk meningkatkan konsentrasi belajar dengan menggunakan metode senam otak atau Brain Gym dengan mengoptimalkan kerja otak. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design One Group Pre-Test Post-Test Design. Populasi yang diteliti adalah 30 responden yang duduk di kelas 1 di SD. Angkasa II Kecamatan Bulak Kota Surabaya yang diambil dengan teknik simple random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah senam otak dan Variabel terikat adalah konsentrasi belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes Weshler Intelegency Scale Children (WISC). Analisa data menggunakan uji statistic Wilcoxon Signed Rank Test dengan tingkat bermakna α<0,05 Hasil penelitian setelah mendapatkan Intervensi di dapatkan siswa yang mengalami konsentrasi baik sebanyak 8 siswa (27%) menjadi 20 siswa (67%), siswa yang memiliki konsentrasi cukup sebanyak 15 siswa (50%) menjadi 8 siswa (27%), dan siswa yang memiliki konsentasi kurang sebanyak 7 siswa (23%) menjadi 2 siswa (6%). Hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan uji statistic Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan nilai signifikansi p=0,000. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh senam otak terhadap konsentrasi belajar pada kelompok perlakuan siswa kelas 1 SD. Angkasa II Kecamatan Bulak Kota Surabaya. Dengan demikian senam otak bisa dijadikan salah satu cara untuk dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa dengan sistem gerakan (move). Kata Kunci : Senam Otak, Konsentrasi Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: 04. Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Users 270 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 08:29
Last Modified: 08 Nov 2017 08:30
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/316

Actions (login required)

View Item View Item