Faradita, Meirza Nanda
(2018)
Penerapan Pembelajaran CLIS dengan Menggunakan Alat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Pemecahan Masalah.
Penerapan Pembelajaran CLIS dengan Menggunakan Alat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Pemecahan Masalah , 3 (2).
pp. 133-142.
ISSN ISSN: 2548-4176 (online) ISSN: 2548-3447 (cetak)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir pemecahan masalah mata pelajaran IPA siswa kelas V di SDN Tawangsari. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Tawangsari Taman-Sidoarjo. Dengan jumlah siswa 46 orang, terdiri dari 25 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Penelitian tindakan kelas ini akan dilakukan di SD Tawangsari Taman-Sidoarjo. Pada siklus I, rata-rata keterampilan berpikir pemecahan masalah siswa adalah 68,47. Nilai rata-rata untuk Penilaian Harian proses (LKS) adalah 80,67 dengan kriteria sangat baik, dan untuk Penilaian Harian produk (evaluasi) adalah 68,02 dengan kriteria cukup. Pada siklus II, nilai rata-rata keterampilan berpikir pemecahan masalah siswa adalah 76,8. Nilai rata-rata untuk Penilaian Harian proses (LKS) dan produk (evaluasi) adalah 94,35 dan 76,49. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa respon siswa dalam belajar IPA dengan menerapkan pembelajaran CLIS dengan menggunakan alat peraga sederhana dapat meningkatkan keterampilan berpikir pemecahan masalah dan meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa baik proses maupun produk.
Kata kunci: Pembelajaran CLIS, Alat Peraga Sederhana, Keterampilan Berpikir Pemecahan Masalah
ABSTRACT
This study aims to improve thinking skills in solving problems of science subjects in fifth grade students at Tawangsari Elementary School. This study uses Classroom Action Research. The research subjects in this study were all students of V Tawangsari Taman-Sidoarjo class. With a total of 46 students, consisting of 25 men and 21 women. This class action research will be conducted at Tawangsari Elementary School Taman-Sidoarjo. In the first cycle, the average thinking problem solving skills of students is 68.47. The average value for the Daily Evaluation process (LKS) is 80.67 with very good criteria, and for Daily Evaluation the product (evaluation) is 68.02 with sufficient criteria. In the second cycle, the average value of students' problem solving thinking skills was 76.8. The average value for the process Daily Evaluation (LKS) and product (evaluation) is 94.35 and 76.49. Thus, it can be concluded that the response of students in learning science by applying CLIS learning by using simple teaching aids can improve thinking skills of problem solving and improve the completeness of student learning outcomes both in process and product.
Keywords: CLIS Learning, Simple Props, Problem Solving Thinking Skills
Actions (login required)
|
View Item |