ASY’ARI, ASY’ARI
(2017)
Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Upaya Membangun Kinerja Guru SD Adiwiyata Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya.
Jurnal ELSE, 1 (2a).
pp. 68-82.
ISSN 2597-4122
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini menganalisis gaya kepemimpinan Kepala Sekolah pada kinerja guru
SD Adiwiyata Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya (SAIMS). Penelitian ini dilakukan dengan
pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan jumlah 16 responden. Data diperoleh melalui kuisioner
atau angket dengan pertanyaan yang relevan. Kemudian data yang diperoleh dianalisis secara
deskriptif melalui persentase dan diolah dengan cara frekuensi dibagi dengan jumlah responden
dikali 100%. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat diidentifikasi secara segnifikan, maka
hasilnya ditinjau dari keseluruhan rata-rata indicator yang diasumsikan yaitu indicator derektif
sebesar persentase sebesar 12 (75.0%) pada kategori skor ‘sering’ dengan jumlah rata-rata 4.06.
indikator sportif sebesar (68.7%) pada kategori skor ‘selalu’ dengan jumlah rata-rata 4.18. indicator
partisipatif sebesar 10 (62.5%) pada kategori skor ‘sering’ dan ‘selalu’ dengan jumlah rata-rata
4.03.Dan berorientasi prestasi sebesar sebesar 9 (56.2%) pada kategori sekor ‘sering’ dengan jumlah
rata-rata 3.88, dengan jumlah rata-rata keseluruhan sebesar 4.03. Sehingga dari 4 indikator tersebut
dikatagorikan baik sehingga gaya kepemimpinan kepala sekolah adiwiyata dapat disimpulkan baik.
Katakunci: gaya kepemimpinan, kepala sekolah, kinerja guru
ABSTRACT
The purpose of this study to analyze the leadership style of principals on the performance
elementary school teachers of Adiwiyata Natural School of Human Science Noble Surabaya
(SAIMS). This research was conducted with descriptive quantitative descriptive approach with the
number of 16 respondents. The data obtained through questionnaires with relevant questions. Then
the data obtained analyzed descriptively and processed by frequency divided by the number of
respondents multiplied by 100%. Based on the results of the analysis, can be identified in a
significant way, the result is evaluated from the overall indicator that is assumed that the derivative
indicator is 12% (75.0%) in the 'often' score category with the average number of 4.06. sportive
indicator of (68.7%) in the 'always' score category with an average number of 4.18. participatory
indicator of 10 (62.5%) in the 'frequent' and 'always' score categories with an average number of
4.03. And achievement-oriented amounted to 9 (56.2%) in the 'frequently' with an average amount
of 3.88, overall average of 4.03. In my conclution from the 4 indicators are well so conclution that
principal style of Adiwiyata principal concluded well.
Keywords: leadership, heads school, teacher performance
Actions (login required)
|
View Item |