UMSurabaya Repository

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah Surabaya melalui Model Pembelajaran REACT dengan media Ayo Jadi Kaya

Purnamasari, Vara Dwita (2017) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah Surabaya melalui Model Pembelajaran REACT dengan media Ayo Jadi Kaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (208kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (89kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya terlihat kurang antusias dan pasif dalam pembelajaran matematika sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang memiliki daya dukung terhadap hasil belajar siswa dan guru kurang memberikan contoh-contoh penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-B yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Apllying, Cooperating, Transfering) yaitu model pembelajaran yang diterapkan untuk meningkatkan aktivitas siswa dengan media Ayo Jadi Kaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Hal ini terlihat dari data hasil belajar siswa siklus I, siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 78% dengan rata-rata kelas 85,38. Siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus II sebanyak 100% dengan rata-rata kelas 93,5. Data aktivitas siswa menunjukkan siswa yang termasuk kategori aktif dan cukup aktif pada siklus I sebanyak 84%. Sedangkan banyaknya siswa yang termasuk kategori aktif dan cukup aktif siklus II sebanyak 94%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Media Ayo Jadi Kaya, Model Pembelajaran, REACT
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 21 Aug 2019 08:45
Last Modified: 21 Aug 2019 08:45
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3564

Actions (login required)

View Item View Item