UMSurabaya Repository

Hubungan Antara Penyesuaian Diri dengan Kesepian pada Mahasiswi Prodi Kebidanan Poltekkes Surabaya yang Tinggal di Asrama

Resmadewi, Rinanti (2018) Hubungan Antara Penyesuaian Diri dengan Kesepian pada Mahasiswi Prodi Kebidanan Poltekkes Surabaya yang Tinggal di Asrama. Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi, 13 (2). pp. 122-135. ISSN 2615-1529

This is the latest version of this item.

[img] PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Download (14kB)
[img] PDF (Peer Review)
Download (780kB)
[img]
Preview
PDF (Artikel Jurnal)
Download (310kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian dan kesepian pada mahasiswa Politeknik Kebidanan Surabaya yang tinggal di asrama. Teori penyesuaian dalam penelitian ini adalah teori milik Schneiders, sedangkan teori kesepian yang digunakan oleh Sullivan. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Politeknik Universitas Surabaya dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 88 orang. Alat pengumpulan data dalam bentuk kuesioner. Kuesioner kesepian terdiri dari 46 item, modifikasi dari Skala Kesepian UCLA versi 3 oleh Russell (1996). Sedangkan kuesioner penyesuaian terdiri dari 46 item juga, diadaptasi dari tesis Dian Prima Asmara (2008). Analisis data dilakukan dengan teknik statistik sederhana korelasi Karl Pearson dengan SPSS 16.0 for Windows. Dari analisis data penelitian dengan korelasi antara penyesuaian dan kesepian pada siswa kebidanan sebesar -0,608 dan signifikansi 0,000. Ini menunjukkan bahwa tingkat penyesuaian subjek yang lebih tinggi, semakin rendah kesepian. Semakin rendah tingkat penyesuaian, semakin tinggi tingkat kesepian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian, Kesepian
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Jurnal > Fakultas Psikologi
Depositing User: RINANTI RESMADEWI RESMADEWI
Date Deposited: 26 Oct 2019 09:27
Last Modified: 26 Oct 2019 09:27
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3858

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item