Rakyan, Paranimmita S.K and Ganjar, Setyo W and Hayumuti, Hayumuti
(2017)
Menjawab Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Karakter.
UMM Press, Malang.
ISBN 978-979-796-284-5
Abstract
Berdasarkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional, jelas bahwa pendidikan di setiap jenjang, termasuk di sekolah harus diselenggarakan secara sistematis guna mencapai tujuan tersebut dan rumusan tujuan pendidikan nasional menjadi rujukan dalam pengembangan pendidikan dan karakter bangsa. Dalam melaksanakan pembelajaran karakter di sekolah, guru mengalami beberapa kendala, antara lain kurangnya pemahaman guru tentang konsep pendidikan karakter, kurangnya kemampuan guru untuk mengintegrasikan nilai-nilai karakter pada kegiatan belajar mengajar, kurangnya kemampuan guru untuk memilih nilai karakter yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya, dan kurangnya kemampuan guru untuk dijadikan teladan/contoh bagi siswa-siswanya atas nilai karakter yang dipilihnya. Kendala yang dihadapi guru tersebut dapat diatasi dengan cara sebagai berikut menggunakan pembelajaran tematik, dapat juga memasukkan muatan lokal ke dalam pelajaran yang terpisah dengan pembelajaran tematik yaitu bahasa daerah, menggunakan model pembelajaran cooperative learning, menggunakan kisah atau cerita teladan menggunakan media film untuk mengungkapkan nilai yang ada dalam materi pembelajaran, bercerita, menata lingkungan fisik sekolah, menata lingkungan psikologis-sosial-kultural siswa, mengoptimalkan kegiatan ekstrakurikuler, dan pelaksanaannya harus didukung oleh peran serta masyarakat (peran serta orang tua dan peran serta masyarakat).
Actions (login required)
|
View Item |