Hayumuti, Hayumuti
(2017)
Kendala Implementasi Etika Moral dan Akhlaq.
Re-design Pendidikan Nasional untuk Memperkuat Karakter Bangsa
.
Program Studi PGSD UPI kampus Purwakarta, Purwakarta.
ISBN 978-602-52016-0-8
Abstract
Kesadaran akan pentingnya etika moral dan akhlak kurang diperhatikan saat ini. Keadan tersebut dapat terlihat dari adanya berbagai penyimpangan sosial di masyarakat. Arus informasi yang cepat menyebar menjadi salah satu pemicu permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan berbagai kendala yang muncul dalam implementasi etika moral dan akhlak, serta menemukan solusi yang dapat membantu dalam menangani kendala - kendala tersebut. Metode yang digunakan dalam upaya pemecahan permasalahan yag muncul yakni library research didasarkan pada bentuk dari kajian teori penunjang yang diperoleh. Menghadapi berbagai macam permasalahan yang muncul, diperlukan banyak usaha dalam membudayakan etika moral dan akhlak di Indonesia agar tidak terpengaruh oleh masuknya budaya barat. Pada dasarnya penanaman etika moral dan akhlak dapat diterapkan kepada anak sejak dini. Pada penerapannya terdapat berbagai kendala yang dihadapi oleh orang tua dan guru dalam pengajarannya. Etika moral dan akhlak banyak dikesampingkan karena dianggap tidak akan berdampak pada kesuksesan seseorang. Padahal etika moral dan akhlak yang diterapkan dapat membantu seseorang mencapai kualitas diri yang baik. Berbagai usaha dapat dilakukan untuk mengajarkan etika moral dan akhlak kepada anak. Pendidikan karakter merupakan jawaban dalam mengatasi permasalahan tersebut. Pendidikan karakter nantinya bukan hanya pendidikan mengenai etika moral, akhlak, nilai dan penanaman agama. Pendidikan karakter mempunyai makna yang lebih tinggi dan bukan sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah. Karakter yang ditanamkan lebih kepada kebiasaan. Kebiasaan yang terus menerus dilakukan oleh anak. Pengajaran terkait pendidikan karakter menjadi tanggung jawab berbagai pihak yakni orangtua, sekolah, masyarakat, dan negara. Pada usaha penerapannya tentu muncul berbagai kendala yang tidak dapat dikesampingkan. Masalah terbesarnya yakni generasi muda yang kurang mempelajari dan mau menerapkan etika moral dan akhlak. Meskipun begitu, diperlukan semangat positif untuk senantiasa mengajarkannya kepada generasi muda dan menggunakan berbagai inovasi penanaman etika moral dan akhlak. Diharapkan etika moral dan akhlak bukan hanya dipelajari namun juga menjadi sebuah kebiasaan individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai ahli mendukung pernyataan bahwa pendidikan karakter berperan dalam usaha penerapan etika moral dan akhlak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter dapat diterapkan dalam usaha mengatasi berbagai kendala yang muncul dalam implementasi penanaman etika moral dan akhlak kepada anak.
Actions (login required)
|
View Item |