Qudsi, Alwi Darul (2020) Pengaruh Perubahan Derajat Kemiringan Sudut Pulley dan Variasi Roller Terhadap Performa Pada Motor Matic Honda Scoopy FI ESP Tahun 2016. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (3MB) | Preview |
|
PDF (Bab 1)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF (Bab 2)
Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
PDF (Bab 3)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (998kB) |
Abstract
2016” Di tahun 2019 ini dunia otomotif khususnya sepeda motor terus dikembangkan untuk mendapatkan kenyamanan dalam pengendalian. Pabrikan otomotif khususnya roda dua (sepeda motor) yang telah memproduksi kendaraan yang memakai sistem transmisi otomatis yang disebut dengan CVT (Continuously Variable Transmission) sistem atau yang biasa disebut motor matic. Sistem transmisi ini tidak menggunakan roda gigi namun memanfaatkan sistem pulley dan belt. Banyaknya pengguna motor matic yang ingin memperoleh performa lebih baik dari standartnya dan tanpa harus melakukan bore up mesin. Dari sini yang mendasari terlaksanya tugas akhir ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan Performa (Daya, Torsi, dan Konsumsi Bahan Bakar) Menggunakan Pulley Standart dan pulley yang telah dirubah derajat kemiringan sudutnya (Modif) Dengan variasi berat roller dari 10, 13 dan 15 gram pada motor matic honda scoopy fi esp tahun 2016. Hasil penelitian menggunakan dynotest menunjukkan adanya perbedaan daya, torsi dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan dari penggunaan pulley modif dan variasi berat roller. Untuk daya maksimal dihasilkan pada pulley modif yang menggunakan roller dengan berat 10 gram sebesar 9,4 HP dan torsi maksimal diperoleh pada penggunaan pulley modif dengan menggunakan roller dengan berat 15 gram dengan nilai torsi sebesar 33,09 Nm. Sedangkan daya terendah dihasilkan pada penggunaan pulley standart dan roller standart sebesar 8,0 HP dan torsi terendah diperoleh pada penggunaan pulley modif dan roller 13 gram dengan nilai 29,25 Nm. Untuk konsumsi bahan bakar terendah didapatkan pada penggunaan pulley standart sedangkan konsumsi bahan bakar tertinggi dihasilkan pada penggunaan pulley modif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pulley,variasi roller,dynotest,performa mesin |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | 08. Fakultas Teknik > Teknik Mesin 08. Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 24 Feb 2020 10:24 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 10:24 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4076 |
Actions (login required)
View Item |