Anis Rosyiatul Husna, S.Kep.,Ns., M.Kes PENGARUH MEDIA KARTUN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP MENCUCI TANGAN PADA SISWA DI SDN DASOK 1 PAMEKASAN MADURA. UM Surabaya. (Unpublished)
Microsoft Word
- Other
Download (945kB) |
Abstract
Cuci tangan merupakan tehnik dasar yang paling penting dalam pencegahan dan pengontrolan penularan infeksi yang terjadi pada anak yang harus ditangani agar dapat terhindar dari penyakit. Sehingga diperlukan media edukasi dengan media kartun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media kartun terhadap pengetahuan dan sikap mencuci tangan pada anak sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain Pre-experimental dengan one group Pre-test-Post tes design. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III, IV dan V di SDN Dasok 1 pamekasan madura yang berjumlah 45 dan di dapatkan sampel 40 dengan teknik cluster sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar kuesioner kemudian dianalisis menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test dengan tingkat signifikan < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan pada pengetahuan anak terjadi peningkatan dari pre test hampir setengah kategori kurang (47%), post test sebagian besar kategori baik (73%) dan pada sikap pre test sebagian bessar kategori negatif (68%), post test hampir seluruh kategori positif (82%) sedangkan hasil analisis diperoleh hasil yang signifikan pada pengetahuan (ρ = 0,000) dan sikap (ρ = 0,000) mencuci tangan pada anak sekolah dasar. Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan bahan edukasi kesehatan dengan media kartun yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap mencuci tangan pada anak sekolah dasar. Kata Kunci : Media kartun, cuci tangan, pengetahuan dan sikap
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Laporan Penelitian |
Depositing User: | SITI AISYAH AISYAH |
Date Deposited: | 08 Oct 2020 16:01 |
Last Modified: | 08 Oct 2020 16:01 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4480 |
Actions (login required)
View Item |