UMSurabaya Repository

IMPLEMENTASI METODE EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ)DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK ANAKPERVASIVE DEVELOPMENTAL DISORDER : NOT OTHERWISE SPECIFIED (PDD-NOS) DI SMP MUHAMMADIYAH 9 SURABAYA

HIKMAWATI, MEIRA (2019) IMPLEMENTASI METODE EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ)DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK ANAKPERVASIVE DEVELOPMENTAL DISORDER : NOT OTHERWISE SPECIFIED (PDD-NOS) DI SMP MUHAMMADIYAH 9 SURABAYA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (764kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (333kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (267kB)

Abstract

Salah satu tujuan pendidikan adalah agar terciptanya kepribadian mulia khususnya pembentukan akhlak terhadap anak Pervasive Developmental Disorder : Not Otherwise Specified (PDD-NOS) diharapkan mampu memahami akhlak dengan Tuhan-Nya, akhlak sesama manusia dalam menumbuhkan jiwa sosial dan akhlak terhadap lingkungan yaitu bermasyarakat. Fokus dari penelitian ini adalah Pertama, menjelaskan bentuk akhlak anak PDD-NOS di SMP Muhammadiyah 9 Surabaya dan implementasi metode ESQ (Emotional Spiritual Quotient) dalam pembentukan akhlak anak PDD-NOS di SMP Muhammadiyah 9 Surabaya, beserta menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode ESQ (Emotional Spiritual Quotient) dalam pembentukan akhlak anak PDD-NOS di SMP Muhammadiyah 9 Surabaya. Jenis penelitian tesis ini adalah penelitian lapangan. Metode yang digunakan peneliti tesis ini yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Hasil penelitian Pertama,Bentuk akhlak anak PDD-NOS di SMP Muhammadiyah 9 Surabaya adalah Pembentukan akhlak dengan metode EQ ( Emotional Quotient ) anak autis penulis mengikuti pendapat Ari merangkumnya yaitu Intra personal (bagaimana cara menangani masalah), Self Awamess (percaya diri), Self Motivation (memotivasi diri), Self Regulation (mengatur diri), Interpesonal (memiliki rasa empati terhadap orang lain). Penerapan akhlak dalam 7 (tujuh) karakter dasar, yaitu : 1) Jujur, 2) Tanggung Jawab, 3) Disiplin, 4) Visioner,5) Adil, 6) Peduli, 7) Kerjasama. Sedangkan pembentukan akhlak SQ (Spiritual Quotient) anak autis dengan membiasakan hafalan juz amma, shalat berjama’ah. Kedua, Pengaruh Implementasi ESQ terhadap anak PDD-NOS dalam pembentukan Akhlak di SMP Muhammadiyah 9 Surabaya yaitu anak PDD-NOS mampu mengendalikan emosi yang meledak-ledak dengan metode yang sesuai, agar mendapatkan ketenangan dan menjadi pribadi mandiri. Meningkatkan keimanan dalam dirinya sebagai pedoman hidupnya dengan ilmu pengetahuan dari penglihatan dan pendengaran yang baik. Ketiga,Faktor pendukung yaitu kehangatan keluarga yang penuh dengan kasih sayang , sehingga mudah menanamkan akhlak dengan pembiasaan sehari-hari. dan faktor penghambat adalah mengendalikan emosi yang bergejolak hebat atau mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi,Metode ESQ, PDD-NOS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
Date Deposited: 13 Oct 2020 12:03
Last Modified: 13 Oct 2020 12:03
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4632

Actions (login required)

View Item View Item