UMSurabaya Repository

IMPLEMENTASI METODE TAJDIED DALAM MENINGKATKAN KUALITAS TAHFIDZ AL-QURAN JUZ 30, 29, DAN 1 DI SD MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA

MUNHAMIR, AHMAD (2020) IMPLEMENTASI METODE TAJDIED DALAM MENINGKATKAN KUALITAS TAHFIDZ AL-QURAN JUZ 30, 29, DAN 1 DI SD MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (843kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (231kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi metode Tajdied dalam meningkatkan kualitas tahfidz al-quran Juz 30, 29, dan 1 di SD Muhammadiyah 10 Surabaya. Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil metode tajdied dalam meningkatkan kualitas tahfidz. Ini bermanfaat bagi sekolah dalam mengembangkan dan meningkatkan program menghafal al-quran. Melalui penelitian ini pendidik akan semakin termotivasi meningkatkan mutu pengajaran dengan berbagai kreatifitas dan inovasi pembelajaran. Peserta didik lebih aktif dan senang menghafal, mengkaji maknanya, serta pandai memanfaatkan waktu dan mencari solusi seputar kegiatan mengahfal al-quran. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi, dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian tahfidz metode tajdied: (1) Proses pembelajaran menggunakan one day one maqro’ hijaz. (2) Pelaksanaan kegiatan : setoran hafalan, murajaah, munaqosah, dan wisuda akbar tahfidz oleh tim Tajdied Majelis Tabligh, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Jawa Timur. Faktor pendukung yang ditemukan antara lain : (1) Tersedianya al-quran rasm ustmani standart hafalan dengan 15 baris perlembar dilengkapi dengan penanda dan maqro’ hijaz, (2) Tersedianya tutorial murottal hijaz dalam berbagai bentuk, seperti youtobe, MP4, MP3, serta group diskusi melalui media sosial, (3) Istiqomah muraja’ah dengan target yang jelas perjenjang, (4) Memotivasi, (5) Manajemen waktu yang tepat, dan (6) Munaqosah virtual (pada masa pandemi covid-19) yang tidak terbatas waktu dan jumlah peserta. Faktor penghambat antara lain: (1) Belum tersedia seri lengkap quran rasm ustmani dengan penanda nada hijaz, (2) Kejenuhan dalam masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), (3) Kurang mampu mengatur waktu antara tugas sekolah dan menghafal, (4) Kurangnya motivasi dari keluarga dan lingkungan sosial, (5) Kondisi lingkungan rumah yang kurang nyaman, dan (6) Keterbatasan kuota internet. Selain itu metode tajdied memudahkan siswa dalam menghafal dan mengingat, serta kualitas bacaan semakin lancar, dan benar dari segi makhraj serta tajwid sesuai irama hijaz, mampu mengikuti munaqosah, serta wisuda akbar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tajdied, Tahfidz, Implementasi, Dan Implikasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
Date Deposited: 19 Oct 2020 11:46
Last Modified: 19 Oct 2020 11:46
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4680

Actions (login required)

View Item View Item