UMSurabaya Repository

Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP KH Romly Tamim Kenjeran Surabaya

Multazam, Muhammad Tahta I’zaz (2018) Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP KH Romly Tamim Kenjeran Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu sangat diperlukan seorang pemimpin yang mampu membawa pendidikan ke arah tujuan yang diinginkan yaitu sesuai dengan tujuan pendidikan nasional dalam UU RI no. 20 tahun 2003 BAB II pasal 3 , tentang sistem pendidikan nasional, yaitu untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis sertra bertanggung jawab. Kepala sekolah yang berhasil adalah kepala sekolah yang memahami keberadaan sekolah sebagai organisasi yang kompleks dan unik, serta melaksanakan perannya sebagai seorang yang diberi tanggungjawab. Penulis mengadakan penelitian tentang upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP KH Romly Tamim Kenjeran Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menggunakan data diskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang atau perilaku yang diamati. Semua fakta berupa kata-kata lisan maupun tulisan dari sumber data manusia yang telah diamati dan dokumen terkait lainnya disajikan dan digambarkan apa adanya untuk selanjutnya ditelaah. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP KH Romly Tamim Kenjeran Surabaya mengacu pada pengembangan 8 standar nasional pendidikan yaitu standar isi, standar kompetensi lulusan, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar pengelolaan, standar saran dan prasarana, standar pembiayaan dan standar penilaian. Dari pengembangan 8 standar nasional pendidikan dapat dikembangkan upaya kepala sekolah untuk bidang-bidang tertentu yaitu upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dalam bidang kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana, hubungan masyarakat dan tata usaha. Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di SMP KH Romly Tamim Kenjeran Surabaya ada faktor pendukung antara lain lingkungan geografis dan demografis yang letaknya strategis, standar sarana dan prasarana yang sudah memenuhi standar nasional pendidikan. Sedangkan faktor penghambat antara lain, lingkungan sosial ekonomi masyarakat yang masih rendah, lingkungan budaya masyarakat yang masih kurang peranannya dalam pendidikan, standar pendidik yang memenuhi standar nasional pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya Kepala Sekolah, Menigkatkan Mutu Pendidikan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 20 Oct 2020 11:27
Last Modified: 20 Oct 2020 11:27
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4689

Actions (login required)

View Item View Item