UMSurabaya Repository

KECERDASAN BAHASA MASA A KELOMPOK DINI USIA ANAK TK PUTRA BHAKTI SURABAYA TAHUN PELAJARAN 201 9 - 20 20

CHAMIMAH , CHAMIMAH (2020) KECERDASAN BAHASA MASA A KELOMPOK DINI USIA ANAK TK PUTRA BHAKTI SURABAYA TAHUN PELAJARAN 201 9 - 20 20. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (770kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (322kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (397kB)

Abstract

Guru sebagai motivator, fasilitator, dan moderator bagi anak, seyogyanya mampu menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Usia dini anak merupakan pondasi terbaik dalam mengembangkan kehidupannya di masa depan. Oleh karena itu, pendidikan anak usia dini dapat memberi andil bagi peningkatan mutu sumber daya manusia. Pada fase emas ini anak mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik menyangkut pertumbuhan fisik dan motoriknya, perkembangan watak dan moralnya, serta emosional dan intelektualnya. Berdasarkan konteks tersebut, peneliti ingin membantu pembelajaran pada kelas anak Kelompok A TK Masa Putra Bhakti Tahun Pelajaran 2019-2020, yang berhubungan dengan optimalisasi kemampuan kecerdasan bahasa anak usia dini, dimana guru merancang suatu bentuk kegiatan yang selalu dikembangkan melalui metode menyanyi dengan pembagian dua siklus skenario tahapan pembelajaran, yaitu siklus I dan siklus II yang diharapkan mampu mengembangkan kemampuan dan aspek perkembangan bahasa anak. Dengan bernyanyi secara tidak langsung anak dikenalkan dengan bahasa yang lebih kompleks dan beragam sehingga perbendaharaan kata pun akan bertambah. Kemudian anak akan mudah mengungkapkan perasaan baik dalam bentuk kesedihan ataupun kegembiraan, sehingga kecerdasan bahasa anak akan meningkat seiring berjalannya suatu komunikasi yang lancar dengan berbagai individu di lingkungan anak bermain. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, pada siklus I anak yang memiliki perkembangan bahasa sangat baik meningkat menjadi 4 anak atau setara dengan 27% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 7 anak yang setara dengan 47%, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode menyanyi sebagai salah satu metode pembelajaran belajar mengajar pada anak usia dini ternyata dapat mengoptimalisasikan kecerdasan bahasa anak sebesar 80% pada Kelompok A TK Masa Putra Bhakti Surabaya Tahun Ajaran 2019-2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: fase emas,usia dini anak, optimalisasi, kecerdasan bahasa, metode menyanyi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
Date Deposited: 18 Nov 2020 11:33
Last Modified: 18 Nov 2020 11:33
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4866

Actions (login required)

View Item View Item