SOETIKNO , DWI RETNO WULANDARI (2020) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK MELALUI BUKU BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AISYIYAH 64 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2019-2020. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (780kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (86kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (151kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (140kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (458kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (9kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Berdasarkan Undang - Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan dengan tegas perlunya penanganan pendidikan anak usia dini, hal tersebut bisa dilihat pada pasal 1 butir 14 yang menyatakan bahwa: “Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses peningkatan keterampilan berbicara anak usia dini melalui buku bergambar pada anak Kelompok A di TK „Aisyiyah 64 Surabaya. Tujuannya yaitu untuk mengetahui ada tidaknya buku bergambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan kuantitatif deskriptif, sedangkan jenis penelitian adalah analisis teks dengan penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Researh). Tehnik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui observasi (Pengamatan), wawancara, dan studi dokumenter. Subjek penelitian yang diambil dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelompok A yang berjumlah 17 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan berbicara melalui buku bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak Kelompok A TK Aisyiyah 64 Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata kemampuan berbicara anak pada saat Pratindakan sebesar 66,01%, meningkat menjadi 76,25% pada Siklus I, dan mencapai 93,03% pada tindakan Siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berbicara; Buku Bergambar; Siklus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Hananto Bayu Susetyo |
Date Deposited: | 19 Nov 2020 11:08 |
Last Modified: | 19 Nov 2020 11:08 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4881 |
Actions (login required)
View Item |