BUNYANAH, BUNYANAH (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MENGGUNAKAN METODE CIRCLE TIME PADA KELOMPOK B TK. DHARMA WANITA DESA BENDUNG KECAMATAN JETIS KABUPATEN MOJOKERTO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (621kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (179kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (203kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (298kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (682kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (165kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (789kB) |
Abstract
Metode circle time masih jarang sekali dihadirkan di kelas, dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak sehingga anak merasa jenuh, akibatnya anak susah menyerap pembelajaran yang diberikan sehingga keberhasilan pembelajaran belum maksimal. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah. (1) Untuk mendeskripsikan aktifitas guru dan anak ketika dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak menggunakan metode circle time (2) Untuk mendeskripsikan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak menggunakan metode circle time. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Data dikumpulkan dengan teknik Observasi dan Dokumentasi. lembar observasi yang terdiri dari: (a) Lembar observasi aktivitas guru. (b) Lembar observasi aktivitas anak. dan (c) Lembar observasi kemampuan berbahasa . Sedangkan dokumentasi yang diambil antara lain: (a) Daftar nama anak Kelompok B TK. Dharma Wanita Desa Bendung Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto (b) Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) (c) Rencana Kegiatan Harian (RKH), dan (d) Foto kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas guru mengalami peningkatan dari Siklus I pertemuan 1 sebesar 77,78 persen, pada Siklus I pertemuan 2 naik menjadi sebesar 88,89 persen pada Siklus II pertemuan 1 naik menjadi sebesar 100 persen dan pada Siklus II pertemuan 2 naik menjadi 100 persen. aktifitas anak mengalami peningkatan dari Siklus I pertemuan 1 sebesar 33,34 persen, pada Siklus I pertemuan 2 naik menjadi sebesar 55,56 persen pada Siklus II pertemuan 1 naik menjadi sebesar 88,89 persen dan pada Siklus II pertemuan 2 naik menjadi 100 persen. respon anak mengalami peningkatan dari Siklus I pertemuan 1 sebesar 56,25 persen, pada Siklus I pertemuan 2 naik menjadi sebesar 81,25 persen pada Siklus II pertemuan 1 naik menjadi sebesar 100 persen dan pada Siklus II pertemuan 2 naik menjadi 100 persen. menggunakan metode circle time untuk meningkatkan kemampuan berbahasa mengalami peningkatan dari Siklus I pertemuan 1 sebesar 55,79 persen, pada Siklus I pertemuan 2 naik menjadi sebesar 75,24 persen pada Siklus II pertemuan 1 naik menjadi sebesar 96,3 persen dan pada Siklus II pertemuan 2 naik menjadi 100 persen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bercerita, circle time |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Hananto Bayu Susetyo |
Date Deposited: | 03 Dec 2020 11:11 |
Last Modified: | 03 Dec 2020 11:11 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4927 |
Actions (login required)
View Item |