UMSurabaya Repository

STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN IQ DAN EQ DALAM PEMBELAJARAN DI KB RAUDLATUL MUBTADIIN KECAMATAN PROPPO KABUPATEN PAMEKASAN

BADRIYAH, BADRIYAH (2019) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN IQ DAN EQ DALAM PEMBELAJARAN DI KB RAUDLATUL MUBTADIIN KECAMATAN PROPPO KABUPATEN PAMEKASAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (98kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (554kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Mengasah IQ dan EQ anak melalui metode yang di trapkan oleh guru di dalam melakukan proses Belajar Mengajar di Kb Raudlatul Mubtadiin Pamekasan. Strategi mengasah Iq dan Eq dipilih karena dapat mendorong anak untuk meningkatkan pembelajaran anak terutama dalam intelektual dan emosional. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek pada penelitian ini adalah 24 anak kelompok B Kb Raudlatul Mubtadiin Pamekasanyang terdiri dari 15 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Objek penelitian ini yaitu kecerdasan interpersonal anak yang meliputi tiga dimensi kepekaan sosial, pemahaman sosial, dan komunikasi sosial. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase menunjukkan 75% anak mengalami peningkatan kecerdasan interpersonal melalui metode proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal anak meningkat setelah adanya tindakan melalui metode proyek. Pada saat dilakukan observasi pra tindakan, persentase kecerdasan interpersonal sebesar 46,6% mengalami peningkatan sebesar 4,97% menjadi 51,57% dan pelaksanaan Siklus II mengalami peningkatan sebesar 28,96% menjadi 80,53%. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga kecerdasan interpersonal anak meningkat: kegiatan pra- pengembangan, kegiatan pengembangan, dan kegiatan penutup. Pemberian pengarahan aktif dilakukan pada saat kegiatan pengembangan dan pemberian reward pada saat kegiatan penutup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: IQ dan EQ, Stretegi, Anak Kb Raudlatul Mubtadiin
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
Date Deposited: 11 Dec 2020 10:42
Last Modified: 11 Dec 2020 10:42
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4954

Actions (login required)

View Item View Item