MUHAMMAD HAMBAL, SHAFWAN
(2020)
PELATIHAN METODE TAKHRIJ HADITS BERBASIS MULTIMEDIA
BAGI GURU-GURU MTS MUHAMMADIYAH 3 SEDAYULAWAS BRONDONG LAMONGAN.
Project Report.
UMSURABAYA, SURABAYA.
Abstract
Takhrij hadits (penelusuran asal usul dan kualitas hadits) merupakan bagian dari ilmu agama yang penting untuk dipelajari dan dikuasai, karena di dalamnya dibicarakan berbagai kaidah untuk mengetahui dari mana sumber hadits itu berasal. Selain itu, di dalamnya ditemukan banyak kegunaan dan hasil yang diperoleh, khususnya dalam menentukan kualitas sanad hadits. Takhrij hadits berbasis multimedia merupakan cara yang sangat efektif untuk menelusuri hadits, karena dengan menggunakan komputer kita tidak perlu repot-repot membuka kitab akan tetapi kita tinggal mengetik apa saja yang terdapat dalam hadits yang hendak ditelusuri; nama sahabat, kata yang terdapat dalam hadis tersebut, perawi dan lain sebagainya. Maka secara otomatis komputer atau HP akan menampilkan obyek yang kita cari secara detail dari seluruh kitab (kitab hadits maupun yang lain) yang memuat kata yang kita masukkan, halaman dan juz dan lain-lain.
Khalayak sasaran dalam kegiatan PPM ini adalah guru-guru MTs Muhammadiyah 3 Sedayulawas Brondong Lamongan yang berjumlah 20 orang. Pendampingan dalam pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan metode ceramah, demontrasi dan latihan yang disertai tanya jawab. Metode ceramah digunakan untuk menjelaskan metode-metode dalam melakukan takhrij hadits. Metode demontrasi dipakai untuk menunjukkan proses melakukan takhrij hadits berbasis multimedia, sedangkan metode latihan untuk mempraktekkan tahapan-tahapan takhrij hadits berbasis multimedia. Sementara metode tanya jawab untuk memberi kesempatan para peserta berkonsultasi dalam mengatasi kendala dalam melakukan takhrij hadits.
Ketersediaan tenaga ahli yang memadai dalam pembelajaran takhrij hadits berbasis multimedia, antusiasme peserta, dukungan kepala sekolah terhadap pelaksanaan kegiatan dan dana pendukung dari fakultas merupakan pendukung terlaksananya kegiata PPM ini. Adapun kendala yang dihadapi adalah keterbatasan waktu dalam pelaksanaan pelatihan.
Manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan PPM ini antara lain para guru peserta pelatihan dapat melakukan takhrij hadits secara mandiri baik dengan komputer maupun dengan HP secara praktis dan efesien.
Actions (login required)
|
View Item |