UMSurabaya Repository

PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA

MUHAMMAD HAMBAL, SHAFWAN (2020) PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA. Project Report. UMSURABAYA, SURABAYA.

[img]
Preview
PDF
Download (232kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran atau sering digunakan istilah strategi belajar mengajar, senantiasa mengalami dinamika dalam praktik dunia pendidikan. Tidak terkecuali di Negara Indonesia, dinamika tersebut terjadi dari masa ke masa seiring dengan pemberlakuan kurikulum pendidikan mulai kurikulum 1975, 1984, 1994, 2004 dan KTSP 2006. Dalam catatan sejarah pendidikan nasional seperti SAS (Sintesis, Analisis, Sistematis), CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif), CTL (Contextual Teaching and Learning), Life Skill Education, PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan), PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan), PAIKEM Gembrot (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan, Gembira dan Berbobot). SMP Muhammadiyah 7 Surabaya merupakan lembaga baru dibidang pendidikan, didukung oleh tenaga pengajar yang potensial dan professional serta berdedikasi tinggi dalam mengemban amanah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Mendeskripsikan Bagaimana menerapkan metode Cooperatif Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa SMP Muhammadiyah 7 Surabaya, 2. Mendeskripsikan kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam menerapkan model Cooperative Learning, Mendeskripsikan prestasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui model Cooperative Learning, 3. Mendeskripsikan prestasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui model Cooperative Learning. Sasaran penelitian ini adalah perumusan metode Cooperative Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan subyek penelitian guru Pendidikan Agama Islam dan siswa SMP Muhammadiyah 7 Surabaya. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari catatan dari hasil wawancara yang diperoleh ketika mengobservasi pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Analisis data kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini diperoleh hasil bahwa : (1) Penerapan metode Cooperative Learning pada pembelajaran di SMP Muhammadiyah 7 Surabaya sudah dilaksanakan meski terdapat guru yang sudah melaksanakan dan terdapat guru yang belum melaksanakan; (2) Penerapan metode Cooperative Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan sejak tahun 2016, dan telah berjalan selama 3 (tiga) tahun. Penerapan metode Cooperative Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 7 Surabaya masih sebagian kecil dari metode yang ada; (3) Prestasi dan tanggapan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode Cooperative Learning di SMP Muhammadiyah 7 Surabaya, siswa menyatakan senang dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam meskipun mereka tidak menunjukkan antusias / semangat bahkan prestasi belajar siswa rata-rata cukup baik. Luaran dari penelitian ini adalah: (1) Publikasi ilmiah di Jurnal Ilmiah lokal ber ISSN; (2) Prosiding makalah Seminar ilmiah; (3) Modul tentang metode cooperative learning dalam pembelajaran pendidikan agama islam.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
Depositing User: MUHAMMAD HAMBAL HAMBAL
Date Deposited: 03 Jan 2021 09:42
Last Modified: 03 Jan 2021 09:42
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4993

Actions (login required)

View Item View Item