Wardani, Candra and Sa’ida, Naili and Abidin , Ratno
(2019)
PENGARUH PEMBELAJARAN TEMATIK KELAUTAN TERHADAP
PENANAMAN KARAKTER KEBAHARIAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
DI TK HANG TUAH 12 SURABAYA.
PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (2).
pp. 67-72.
ISSN 6P-ISSN: 2599-0438; E-ISSN: 2599-042X
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tematik kelautan terhadap anak usia 5-6
tahun di TK Hang Tuah 12 dan menjelaskan karakter anak usia 5-6 tahun di TK Hang Tuah 12
Surabaya sebelum dan sesudah pembelajaran tematik kelautan sehingga dari pembelajaran ini
dapat diterapkan pendidikan yang berhubungan dengan lingkungan kelautan dalam menanamkan
rasa cinta bahari sejak dini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian menggunakan Uji Wilcoxon
Match Pairs untuk menguji uji beda dua sampel yang berhubungan. Uji ini melibatkan satu
populasi penelitian kelompok B TK Hang Tuah 12 Surabaya. Berdasarkan hasil analisis data
bahwa pembelajaran tematik kelautan memiliki pengaruh dalam penanaman karakter kebaharian
pada anak usia 5-6 tahun di TK Hang Tuah 12 Surabaya. Hasil analisis data diperoleh T hitung
sebesar 0 dan T tabel sebesar 16, karena 0<16 maka Hα diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian
menunujukkan bahwa hasil posttest meningkat sangat baik dibandingkan dengan hasi pretest.
Posttest ini mendapat hasil rata-rata 54,6 dari 15 peserta didik yang terlibat dalam kelompok
sampel penelitian. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik kelautan
mempengaruhi penanaman karakter kebaharian pada anak usia dini. Pembelajaran tematik
kelautan merupakan langkah yang tepat dan efektif dalam mengatasi rendahnya semangat dan
jiwa bahari bangsa Indonesia. Dengan pembelajaran tematik kelautan peserta didik mendapatkan
stimulasi atau informasi terkait dengan lingkungan kelautan sehingga mereka akan peka terhadap
lingkungan tersebut.
Actions (login required)
|
View Item |