Nanik, Yuli Suhartini and Abidin , Ratno and Sa'ida, Naili
(2019)
MENUMBUHKAN RASA SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI
BERMAIN DALAM KELOMPOK.
PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1).
pp. 86-93.
ISSN P-ISSN: 2599-0438; E-ISSN: 2599-042X
Abstract
penelitian ini dilakukan pada peserta didik TK B TK’Aisyiyah Bustanul Athfal 6 Surabaya
dengan menggunakan penelitian kuantitatif pre eksperimental design dengan model one group pre
test-post test. Instrumen yang digunakan adalah berupa lembar observasi, tes (pre test-post test),
wawancara dan dokumentasi. Data yang diambil melalui tehnik observasi pada saat proses kegiatan
pembelajaran sebelum istirahat dengan memberikan perlakuan (treatmen) sebanyak lima kali. Untuk
mengetahui kemampuan sosial peserta didik adalah melalui tes yang dilakukan sebelum dan sesudah
perlakuan (treatmen). Hasil penelitian diperoleh pre testsebesar 17.0, post testsebesar 24.5. Analisis
data menggunakan uji Wilcoxon dengan taraf kesalahan 5% atau 0,05 dengan jumlah sampel 8 anak
diperoleh nilai T hitung = 0, T tabel = 3. Hal ini berarti ada pengaruh bermain dalam kelompok
terhadap perkembangan kemampuan sosial anak usia dini di TK B TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 6
Surabaya. Terbukti anak mampu menerima pendapat teman dalam kelompok, anak mampu
menerima hasil kerja teman dalam kelompok, anak mampu mengikuti kegiatan dengan teman dalam
kelompok, anak mampu memecahkan masalah secara bersama-sama
Actions (login required)
|
View Item |