ASY’ARI, ASY’ARI and Abidin , Ratno
(2019)
Gardening sebagai Media Edukasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak [Gardening as an
Educational Media to Improve Children's Motor Ability].
PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan , 8 (1).
pp. 35-41.
ISSN ISSN 2548 2254/ISSN 2089 3833
Abstract
Tujuan penulisan ini untuk mengetahui gardening sebagai media edukasi untuk meningkatkan
motorik anak ditaman wonorejo kebun bibit II Surabaya. Metode penelitian menggu�nakan kualitatif deskriftif dengan subjek penelitian anak-anak binaan sebanyak 20 anak
yang masih berumur antara 4-6 tahun. Dalam prosedur pelaksanaan pembelajaran gar�dening pendidik menggunakan dua bahasa yakni bahasa inggris dan bahasa indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan anak-anak terlihat senang mengikuti pembelajaran dan
pendidik. Mereka belajar menjelaskan lingkungan dan apabila terjadi kesalahan pada
anak-anak saat menyebutkan tumbuhan, daun dan bunga, mereka diberikan sanksi
dengan bernyanyi sambil dipandu oleh tutor menggunakan bahasa inggris. Kemudian
gardening menjadi salah satu media pengenalan lingkungan hidup (ecoliterasy) mem�berikan imbas kepada kebiasaan anak memahami pentingnya menjaga lingkungan
hidup.
Actions (login required)
|
View Item |