Abidin , Ratno and ASY’ARI, ASY’ARI
(2020)
IMPLEMENTASI MANAJEMEN SEKOLAH BERBASIS KARAKTER
SISWA SD MUHAMMADIYAH 9 SURABAYA.
PROCEDING Literasi Dalam Pendidikan di Era Digital Untuk Generasi Milenial.
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi manajemen
sekolah berbasis karakter di SD Muhammadiyah 9Surabaya. Untuk mengetahui
nilai-nilai karakter apa saja yang ingin di capai pada sekolah menengah.
Pendidikan karakter dapat dimaknai sebagai pendidikan nilai, pendidikan budi
pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak, yang bertujuan mengembangkan
kemampuan siswa untuk memberikan keputusan baik buruk, memelihara
kebaikan, mewujudkan dan menebar kebaikan dalam kehidupan sehari-hari
dengan sepenuh hati. Pendidikan karakter bermakna lebih tinggi dari pada
pendidikan moral karena pendidikan karakter tidak hanya mengenal benar dan
salah, akan tetapi bagaimana siswa tertanamkan kebiasaan yang baik dalam
kehidupan sehari-hari sehingga bisa memiliki kesadaran dan pemahaman serta
kepedulian untuk berkomitmen dalam kehidupan. Metode penelitian
menggunakan kualitatif deskriptif yang dilakukan di SD Muhammadiyah
9Surabaya. Dalam prosedur pelaksanaan penelitian dilakukan cara pengumoulan
data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan audio visual.Kriteria yang
digunakan dalam penentuan informan adalah guru wali kelas, guru BK, staff
kurikulum. Tahap wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi dari
sekolah terkait dengan implementasi manajemen sekolah berbasis karakter di SD
Muhammadiyah 9Suarabaya. Hasil penelitian memberi gambaran bahwa
karakter khusus yang ingin ditanamkan di sekolah ini ialah kreativitas,
keberbakatan dan akhlaq. Disamping itu juga tidak melupakan karakter-karakter
yang sudah mendasar pada umumnya seperti kejujuran, disiplin da sebagainya
Actions (login required)
|
View Item |