Tobing, Intan Mustika Yulias and Ainy, Chusnal and Suprapti, Endang
(2019)
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA BUTA
(GABUS PITA).
Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 19 (2).
pp. 147-158.
ISSN e-issn 2614-0578 p-issn 1412-5889
Abstract
Kriteria ketuntasan minimum (KKM) SMP Muhammadiyah 5 Surabaya kelas VII adalah 80
dan siswa yang tuntas belajar sebanyak ≥80%. Permasalahan yang terjadi di kelas VII-I SMP
Muhammadiyah 5 Surabaya adalah nilai rata-rata siswa ≤ KKM. Ini terlihat dari 20 siswa, hanya 2
siswa yang tuntas atau 10%, sementara 18 siswa tidak tuntas belajar atau sebesar 90%, skor ratarata adalah 55,55.
Penelitian ini menggunakan pembelajaran menggunakan media BUTA (Cork Ribbon).
Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-I SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pelaksanaan 2 siklus.
Dari hasil penelitian pada siklus I dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VII-I
mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari kelengkapan siswa sebelum tindakan 10% atau
2 siswa meningkat menjadi 55% atau sebanyak 11 siswa yang tuntas. Sedangkan siklus kedua 85%
atau 17 siswa tuntas dengan rata-rata 87,55.
Actions (login required)
|
View Item |