UMSurabaya Repository

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA FLASHCARD MATH DI SMP MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA

Setiyowati, Anis and Holisin, Iis and Suprapti, Endang (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA FLASHCARD MATH DI SMP MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA. Universitas Muhammadiyah Surabaya, pp. 149-166. ISBN 9786237259121

[img]
Preview
PDF (Peer Review)
Download (893kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Arikel Prosiding Nasional)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Hasil Cek Plagiasi Prosiding Nasional)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan media Flashcard Math di SMP Muhammadiyah 10 Surabaya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya yang berjumlah 36 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes tes tulis, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan 88,88%; (2) Aktivitas siswa selama pembelajaran termasuk kategori aktif; (3) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sangat baik; dan (4) Respon siswa terhadap proses pembelajaran sangat positif. Oleh karena itu, penerapan Model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan media Flashcard Math efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pasa siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 10 Surabaya.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Flashcard Math, Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prosiding > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: ENDANG SUPRAPTI SUPRAPTI
Date Deposited: 25 Mar 2021 00:13
Last Modified: 09 Sep 2021 15:02
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5121

Actions (login required)

View Item View Item