UMSurabaya Repository

BOTANI SEBAGAI MEDIA EDUKASI UPAYA MENGEMBANGKAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN SEJAK DINI PADA SISWA TK AISYIYAH 52 SURABAYA

Wahono, Wahono and Asy'ari, Asy'ari and Abidin, Ratno (2018) BOTANI SEBAGAI MEDIA EDUKASI UPAYA MENGEMBANGKAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN SEJAK DINI PADA SISWA TK AISYIYAH 52 SURABAYA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPER PGPAUD FKIP UAD, 1 (1). pp. 270-278. ISSN 2655-6189270

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
PDF (Aritikel_Botani Media Edukasi Anak TK)
Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Cek Plagiasi_Botani)
Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Peer Review_Botani)
Download (642kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui botani sebagai media edukasi upaya menumbuh kembangkan pengetahuan lingkungan sejak dini siswa TK Aisyiyah 52 Surabaya. Botani salah satu media yang diupayakan untuk memahamkan kepada anak terkait pengetahuan lingkungan. Pada hakekatnya anak-anak sangat tepat diperkenalkan dengan lingkungan tumbuh-tumbuhan sebagau media pembelajaran agar kecintaan terhadap lingkungan tumbuh sejak dini. Anak-anak erat kaitannya dengan bermain-main sehingga dari itu di lingkunagan botani itu tidak hanya sekedar berada disana namun ada nilai edukasinya didalamya tentang pengenalan anak terhadap lingkungan sejak dini. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriftif yang dilaksanakan di botani TK Aisyiyah 52 Surabaya. Dalam prosedur pelaksanaan penelitian dilakukan cara pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan audio visual. Kriteria yang digunakan dalam penentuan informan adalah guru, TU, kepala sekolah dan Siswa. Tahap wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi dari sekolah terkait dengan pentingnya botani disekolah TK Aisyiyah 52 Surabaya sebagai madia edukasi. Hasil Penelitian memberi gambaran bahwa botani di lingkungan sekolah TK sangat representatif untuk media edukasi anak usia dini. Karena anak usia dini relatif masih mengedepankan keterampilan bermain (psikomotorik) sehingga botani didesain sebagai tempat bermain namun berbasis lingkungan dan mengenalkan pada anak-anak bahwa tumbuhan harus dipelihara dan dibudidayakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: botani, media edukasi, pengetahuan lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: WAHONO WAHONO WAHONO
Date Deposited: 24 May 2021 14:30
Last Modified: 24 May 2021 14:30
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5246

Available Versions of this Item

  • BOTANI SEBAGAI MEDIA EDUKASI UPAYA MENGEMBANGKAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN SEJAK DINI PADA SISWA TK AISYIYAH 52 SURABAYA. (deposited 24 May 2021 14:30) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item