Sujinah, Sujinah
(2020)
Tantangan Dan Solusi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Covid-19.
Stilistika Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 13 (2).
pp. 256-271.
ISSN 1978-8800
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia terkesan tidak menarik, membosankan,
tidak ada untungnya, ironisnya siswa merasa kesulitan dalam proses
pembelajarannya. Artikel ini mendeskripsikan (1) mengapa mata pelajaran
Bahasa Indonesia tidak diminati; (2) bagaimana solusi untuk mengatasi
agar minat peserta didik terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia muncul.
Jenis penelitian ini kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara
dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan (1) tidak semua pendidik
mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah vokasi berlatar belakang
keilmuan bahasa Indonesia (2) kreativitas tenaga pendidik dalam
memecahkan persoalan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kurang; (3)
rendahnya persepsi peserta didik terhadap pembelajaran bahasa
Indonesia.(4) solusi yang ditawarkan antara lain berupa pembelajaran
dengan menggunakan teknologi gawai dan internat: membuat video
rekaman misalnya rekaman membaca puisi, menulis karikatur untuk materi
teks anekdot, dan membuat main mapping untuk materi teks eksposisi.
Diperlukan penataan kembali guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan
peninjauan kurikulum Bahasa Indonesia serta pembekalan mendesain
media pembelajan yang inovatif.
Actions (login required)
|
View Item |