Eni Sumarliyah., S Kep.,Ns.,M Kes and Gita Marini, S.Kep., Ns., M.Kes and Buyung Kristian, Sujono and Jul Asfi, Warraihan
Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Design Aplikasi Game Flash Card
Terhadap Peningkatan Membaca Pada Anak Retardasi Mental Ringan Di
Sdlb/C Alpha Kumara Wardhani II Dan SDN Airlangga 1 Surabaya.
Project Report.
umsurabaya.
(Unpublished)
Abstract
PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN DESIGN APLIKASI GAME
FLASH CARD TERHADAP PENINGKATAN MEMBACA PADA ANAK
RETARDASI MENTAL RINGAN DI SDLB/C ALPHA KUMARA WARDHANI II
DAN SDN AIRLANGGA 1 SURABAYA
Oleh : Reliani,S.Kep.,Ns.,M.Kes
Keterbatasan neurologis seperti cacat otak dan kekurangmatangan secara fisik
merupakan salah satu yang dapat menyebabkan anak retardasi mental ringan tidak berhasil
dalam meningkatkan kemampuan membaca. Hambatan yang dialami anak retardasi mental
mengalami kesulitan dalam berbahasa, khususnya pada aspek membaca. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh design Aplikasi Game Flash Card terhadap peningkatan
membaca pada anak retardasi mental ringan.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Pre-experimental Design dengan
menggunakan pendekatan One group pre test-post test design. Populasi dan sampelnya
adalah seluruh siswa retardasi mental ringan kelas 1-3 berjumlah 30 anak di SDLB/C Alpha
Kumara Wardhana II dan SDN Airlangga 1 Surabaya. Metode sampling menggunakan Non
Probability Sampling jenis Total Sampling. Ada variable independent (Pembelajaran
menggunakan Game Flash Card) dan variable dependent (Peningkatan Membaca). Data
dikumpulkan menggunakan lembar observasi, kemudian dianalisa menggunakan Wilcoxon
Sign Rank Test dengan tingkat signifikan ≤ 0,05.
Hasil penelitian menunjukan : terdapat 3 responden (10%) memiliki kategori sangat
baik, 18 responden (60%) memiliki kategori baik, 8 responden (26.7 %) memiliki kategori
cukup, dan 1 responden (3.3 %) memiliki kategori kurang. Sehingga pada analisa statistic
dengan uji Wilcoxon Sign Rank Test menunjukkan p = 0,000 < α (0,05).
Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran menggunakan game flash card
terhadap peningkatan membaca pada anak retardasi mental ringan. Peneliti berikutnya agar
dapat menerapkan inovasi terbaru dalam pembelajaran pada anak retardasi mental ringan dan
menganalisis peningkatan membaca.
Kata Kunci : Game Flash Card, Membaca, Anak Retardasi Mental
Actions (login required)
|
View Item |