Aries Chandra , S.Kep.Ns.,M.Kep.Sp.Kep.An and Ade Susanty , S.Kep.,Ns.,M. Kep and Muhammad Ibrohim, S.Kep.,Ns
Upaya Peran Keluarga Untuk Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Toddler.
Project Report.
Universitas Muhammadiyah Surabaya.
(Unpublished)
Abstract
Perkembangan motorik kasar merupakan hal yang sangat penting bagi anak usia dini khususnya anak Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK). Pembelajaran di TK untuk aspek perkembangan fisik atau motorik lebih banyak difokuskan pada perkembangan motorik halus saja, sedangkan motorik kasar kurang diperhatikan.
Populasi pada pengabdian ini adalah 70 anak, sample pengabdian sebanyak 70 anak yang di dapatkan dengan menggunakan teknik Total Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasional Test of Gross Motor Development. Analisa yang digunakan yaitu Analitik Deskriptif.
Hasil pengabdian menunjukkan bahwa terdapat kemampuan motorik kasar anak dengan kategori sangat unggul sebanyak 4 responden (5,7%), kategori unggul sebanyak 16 responden (22,9%), kategori diatas rata-rata sebanyak 21 responden (30%), kategori rata-rata sebanyak 26 responden (37,1%), kategori dibawah rata-rata sebanyak 3 responden (4,3%).
Kemampuan motorik kasar pada anak pra sekolah sangatlah aktif dalam melakukan aktivitas gerak, disarankan untuk pihak sekolah untuk memberikan pembelajaran mengenai gerak motorik kasar dan pada orang tua untuk memberikan pola asuh dengan menstimulus anak dalam melakukan gerakan guna meningkatkan kemampuan motorik kasar anak.
Kegiatan pengabdian dilakukan di RUSUNAWA. Bentuk kegiatan pada pengabdian yang dilakukan yaitu Pemberian pendidikan kesehatan Peran Keluarga dalam Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Toddler di RUSUNAWA, Melakukan Skrining Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Toddler di RUSUNAWA dan Bekerjasama dengan Puskesmas setempat untuk Skrining Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Toddler di RUSUNAWA.
Kata Kunci: Peran Keluarga, Perkembangan motorik, Toddler
Actions (login required)
|
View Item |