Dr. Mundakir, S.Kep., Ns., M.Kep. and Ida Agustiningsih, S.Kep., Ns., M. Kep and Ika Widya Estikawati, Mahasiswa and Aprilia Dyas Purpasari, Mahasiswa
Pengaruh Faster Learning Organization (Flow) Dalam
Mengembangkan Keterampilan Profesional Kesehatan Di Rumah
Sakit.
Project Report.
umsurabaya.
(Unpublished)
Abstract
Latar belakang. Kinerja perawat dalam memberikan asuhan keperawatan holistik
belum terlaksana dengan baik. Survei yang dilakukan di RS Siti Khodijah pada
periode Juni 2014 menunjukkan bahwa pelayanan keperawatan terutama
difokuskan pada pelayanan biologis yang mencapai 80%, sedangkan pelayanan
data psikologis, sosial dan spiritual relatif rendah. Berbagai model untuk
meningkatkan kinerja organisasi jasa telah diterapkan. Namun, penerapan model
Faster Learning Organization (FLO) di organisasi kesehatan masih terbatas.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan strategi model FLO untuk
pengembangan keterampilan. Metode. Penelitian ini menggunakan quasi
eksperimen dengan rancangan non randomized pretest-posttest control group
design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat di RSUD Siti
Khodijah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling
sebanyak 117 perawat. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Analisis data yang
digunakan Manacova. Hasil. 1) komponen FLO: keterbukaan untuk belajar,
tantangan perubahan, dan kepemimpinan yang merangsang dapat meningkatkan
keterampilan strategi lonjakan, strategi pembudayaan, dan strategi transformasi
dalam organisasi pelayanan keperawatan di rumah sakit. Kesimpulan. Strategi
model FLO dapat digunakan sebagai alternatif strategi untuk meningkatkan
pengembangan keterampilan untuk meningkatkan kualitas perawatan.
Kata kunci: Faster Learning Organization (FLO), keperawatan, pengembangan
keterampilan
Actions (login required)
|
View Item |